Gawan Agro Ekonomi Wisata Solok (GAEWIS) Dikunjungi Dispora Sumbar

Gawan Agro Ekonomi Wisata Solok (GAEWIS) Dikunjungi Dispora Sumbar

Solok, (InfoPublikSolok) – Perkembangan tempat wisata berbasis Agro Ekonomi semakin berkembang di Kota Solok. Sebelumnya telah berkembang wisata Agro Ekonomi Sawah Solok yang telah menjadi destinasi andalan wisata di Kota Solok.

Saat ini telah muncul tempat wisata baru di Kota Solok yang juga berbasis Agro Wisata, bertempat di Gawan, Kelurahan Tanah Garam, memanfaatkan sepanjang saluran irigasi yang membantang di Sawah Solok.

Wisata baru ini dinamai Gawan Agro Ekonomi Wisata Solok (GAEWIS) yang dibidani oleh pemuda di Gawan tergabung dalam kelompok Gawan Saiyo. Selain itu kelompok pemuda juga mengembangkan peternakan sapi.

GAEWIS melakukan kegiatan terpadu ikan larangan, pembibitan ikan, tanaman hias dan ke depannya nanti akan dikembangkan bank sampah serta wisata tani.

Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk mendekatkan masyarakat ke alam. GAEWIS juga telah dipromosikan melalui media kekinian yakni media sosial (youtube, Instagram, dll) sehingga wisata baru ini bisa menarik masyarakat untuk berkunjung.

Berdasarkan inilah Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan ke Gawan Agro Ekonomi Wisata Solok, Senin (29/4/2019) sore. Rombongan Dispora Provinsi diantaranya Kepala Bidang Pemuda, Edwarsyah Ramli, Dr. Indang Dewata sebagai pendamping dari segi lingkungan dan pembuatan bank sampah

“Tujuan kami ke sini melihat secara langsung bagaimana kiprah pemuda di Kota Solok mengembangkan bakat di bidang kewirausahaan. Disini kami melihat langsung bagaimana pemuda bisa memanfaatkan Saluran Irigasi yang bisa menjadi tempat wisata baru di Kota Solok. Kami mendukung sekali kegiatan ini untuk terus berkembang,“ kata Edwarsyah Ramli.

Kedatangan rombongan Dispora Provinsi tersebut disambut oleh Kepala Seksi Kepemudaan dan Kepeloporan, Ochtavia Sulastri beserta jajaran Pemuda Gawan Saiyo.

“Kami sangat senang sekali atas kedatangan Dispora Provinsi Sumatera Barat melihat langsung bagaimana pemuda bisa melihat prospek bagus usaha dari perikanan dan pertanian ini. Ke depannya tempat ini kita lakukan pembenahan bekerjasama dengan instansi lain. Salah satunya pembenahan tempat parkir pengunjung yang masih minim,” kata Ochtavia Sulastri menyambut kunjungan Dispora Provinsi tersebut.

Ochtavia Sulastri menambahkan, salah satu dukungan yang diberikan diantaranya memberangkatkan pemuda Gawan yang mengelola GAEWIS ini pelatihan di Balai Benih Budidaya Pembibitan Air Tawar ke Sukabumi pada tanggal 22 s/d 27 April 2019 lalu.

“Pengelola GAEWIS yang kita kirim atas nama Juli Rahmat Ade Putra. Kami harap ilmu yang didapatnya selama pelatihan tersebut bisa diaplikasikan dengan baik nantinya untuk pengembangan Gawan Agro Ekonomi Wisata Solok,” tuturnya. (ep)

Tags: , , , , , , ,