Gebyar Pasar Sekolah, Implementasi Nilai-Nilai Pembelajaran Formal

Gebyar Pasar Sekolah, Implementasi Nilai-Nilai Pembelajaran Formal

Solok, (InfoPublikSolok) – Sediakan sebanyak 1.619 paket sembako murah, Dinas Pendidikan Kota Solok menggelar kegiatan Bazar Pasar Sekolah di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kota Solok, Kamis (21/4). Kegiatan bazar yang dibuka mulai pukul 09.00 WIB pagi itu dihadiri oleh Wali Kota Solok yang diwakilkan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum, Marwis serta melibatkan perwakilan pelajar SMP, SD dan TK.

Bazar Pasar Sekolah ini terlaksana berkat kerja sama seluruh stakeholder yang ada di Dinas Pendidikan Kota Solok, mulai dari siswa, organisasi kesiswaan, guru, kepala sekolah dan wali murid dan para donatur yang telah berpartisipasi secara sukarela dalam menyumbangkan paket dalam kegiatan ini.

Setiap paket mengemas 1 liter minyak goreng kemasan, 1 kg gula pasir dan 1 botol sirup, dijual dengan harga Rp30 ribu, setengah dari harga normal sekitar Rp60 ribu. Nantinya uang hasil penjualan bazar yang terkumpul akan diserahkan ke sekolah masing-masing untuk diberikan kepada murid yang kurang mampu.

Pada kegiatan ini, Dinas Pendidikan dan sekolah menyediakan stand-stand paket untuk didistribusikan ke masyarakat yang membutuhkan dengan membawa kupon yang telah dibagikan oleh panitia beberapa hari sebelumnya.

“Pada dasarnya, kegiatan Gebyar Pasar Sekolah ini adalah dalam rangka menyemarakkan bulan suci ramadan dengan kegiatan yang bermanfaat untuk mendekatkan dan menemukan kembali fitrah manusia, memotivasi untuk berlomba-lomba menuju kebaikan di bulan suci ramadan yang penuh berkah ini, menjalin dan mempererat ukhuwah islamiyah yang telah ada serta menumbuhkan dan mewujukan rasa kepedulian terhadap sesama,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok, Hj. Rosavella. YD.

“Selain itu, acara ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang hari ini masih susah mendapatkan Sembako, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H,” sambungnya.

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan gebyar pasar sekolah ini merupakan implementasi dari salah satu inovasi Dinas Pendidikan Kota Solok. Khusus untuk kegiatan Gebyar Pasar Sekolah ini merupakan pengembangan dari kegiatan inovasi yang dipresentasikan di depan tim penilai dari LAN dan telah diumumkan sebagai pemenang di Ekspo Inovasi yang diadakan oleh Balitbang Kota Solok pada tahun 2020 yang lalu.

“Gebyar Pasar Sekolah merupakan salah satu bentuk inovasi Dinas Pendidikan Kota Solok yang dilaksanakan di setiap sekolah. Kegiatan ini telah berjalan di sekolah-sekolah tingkat TK, SD maupun SMP sejak tahun 2020 yang lalu, yaitu kegiatan bazar sekolah,” tandasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Asisten III, Marwis berharap melalui kegiatan gebyar pasar sekolah ini mampu membantu sesama sehingga dapat meringankan beban masyarakat yang kurang beruntung dan membawa manfaat dan kemaslahatan dalam rangka tercapainya program-program pemerintah Kota Solok, khususnya Dinas Pendidikan dengan kegiatan-kegiatan yang tidak hanya menyangkut proses pembelajaran nilai-nilai secara formal di sekolah, tetapi juga langsung menerapkan nilai-nilai tersebut ke dalam tatanan masyarakat.

Pembagian paket sembako murah ini, lanjutnya, merupakan social action yang perlu diapresiasi dan ditumbuh-kembangkan di masyarakat Kota Solok dalam rangka terwujudnya Kota Solok yang diberkahi, maju dan sejahtera.

“Inovasi-inovasi semacam inilah yang selalu kita dorong untuk terus dikembangkan dan dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kota Solok, dengan demikian Dinas Pendidikan Kota Solok dapat menjadi innovation based-service dalam meningkatkan derajat hidup masyarakat dan mewujudkan Kota Solok yang baldatun thayyibatun wa robbun ghofur,” tuturnya.

Alhamdulillah pada Ramadan kali ini semua jajaran Dinas Pendidikan mulai dari TK, SD dan SMP ikut berpartisipasi dengan tanpa kecuali, untuk itu atas nama kepala daerah saya mengucapkan terimakasih,” pungkasnya. (Shand/Fani)

Tags: ,