Gelar Kunjungan Kerja DPRD Agam Kunjungi DPPPA Solok

Gelar Kunjungan Kerja DPRD Agam Kunjungi DPPPA Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka penanganan kasus stunting dan ketahanan keluarga DPRD Kab. Agam melakukan kunjungan kerja ke Kota Solok pada Rabu (22/1) di Aula Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Rombongan yang terdiri dari ketua DPRD Novil Irwan, S.Pd. MM dan Wakil ketua Suharman dan Marga indra putra, S.Pd serta irfan Amran dan juga ketua komisi IV erdinal, S.Sos serta wakil ketua dan sekretaris komisi IV dan delapan anggota DPRD yang mewakili fraksi serta didampingi oleh dinas pengendalian penduduk keluarga berencana dan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (PPKBPPA).

Pada acara tersebut dihadiri juga oleh undangan dari OPD terkait Kota Solok terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, BAPPEDA serta  Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Kementerian Agama Kota Solok.

Acara ini dibuka oleh Walikota solok yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan,  Jefrizal, S.Pt. MT dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada ketua DPRD beserta rombongan yang telah bersedia berkunjung ke kota solok dan juga disampaikan bahwa DPPA adalah dinas yang strategis dalam  mewujudkan kesejahteraan keluarga dan ketahanan keluarga kegiatan ini telah dicanangkan pada tanggal 13 november 2019 sebagai kelurahan ketahanan keluarga adalah kelurahan tanah garam.

” DPPPA  telah mencapai prestasi antara lain kota layak anak dengan pradikat madya dan anugrah prahita eka praya (APE) tingkat pratama dan penyediaan ruang bermain ramah anak taman syech kukut telah distandarisasi oleh tim RBRA pusat,” tambah Jefrizal.

Dalam eksposenya Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Delfianto, S.Sos menyampaikan tentang ketahanan keluarga untuk Kota Solok masih dalam tahap proses berupa kegiatan Sosialisasi Ketahanan Keluarga kepada Tokoh agama, Tokoh Pemuda, Organisasi Perempuan, Adat dan Bundo Kanduang,   melakukan Pendampingan Kelurahan Tanah Garam dalam Pembentukan Kelompok Ketahanan Keluarga, seperti pemilihan anggota Kelompok dan pembuatan SK Kelompok Ketahanan Keluarga.

Pada DPA 2020 telah direncanakan kegiatan Ketahanan Keluarga yaitu : Pelatihan Kelompok Ketahanan Keluarga,Survey/pengumpulan data Kelompok Ketahanan Keluarga ,Penyediaan media dan perlengkapan Kelompok ketahanan keluarga ,Entry data / pengolahan data Ketahanan Keluarga. Tujuan Terlaksananya 5 Pilar Ketahanan Keluarga yaitu Ketahanan Fisik, Ekonomi, Sosial Psikologi, Sosial Budaya dan Legalitas, Struktur Keluarga, Kemitraan Gender untuk mencapai kesejahteraan keluarga.dg capaian yang di harapkan terhadap Keluarga di Kota Solok yang Kategori Tahan yaitu lebih dari 80 %. Instansi terkait ,Lembaga Pendidikan,Organisasi Keagamaan,Lembaga Adat Organisasi Perempuan ,Lembaga Swadaya Masyarakat  dan Organisasi Profesi.

Sementara itu dari Dinas Kesehatan yang diwakili oleh dr. Peppy Lady Sofiani, M.KM  menyampaikan  Kegiatan Gizi dalam Percepatan Pencegahan Stunting dg memperhatikan  Indikator Gizi Underweight, Wasting, Ibu Hamil KEK , Ibu Hamil Anemia  kalau masalah ini dapat terpantau dengan baik akan dapat mengurangi masalah stunting dan juga memberi PMT Pemulihan dan penyuluhan dan PMT Bumil KEK serta PMT AS degan anggaran dari APBD Kota SOLOK.

Dan sambutannya sekaligus perkenalan dari DPRD Kabupaten Agam menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan dari Pemerintah Kota Solok dan mengharapkan  mendapatkan banyak informasi  dan pengetahuan sesuai dengan tujuan kunjungan kerja tersebut. Apa yang kami dapatkan disini semoga menjadi masukan bagi Pemerintah Kabupaten Agam terutama terkait permasalahan Stunting. (as)

Tags: , , , , ,