Geliat Literasi, SDN 11 Tanah Garam Hadirkan Kelas Mendongeng

Geliat Literasi, SDN 11 Tanah Garam Hadirkan Kelas Mendongeng

Solok, (InfoPublikSolok) – Perpustakaan sebagai jantung sekolah merupakan hal penting yang harus selalu diperhatikan. Bagi Kepala Sekolah hal ini perlu digalakkan secara kontinyu agar jantung sekolah terus berdenyut membangkitkan semangat literasi untuk semua warga sekolah, atas dasar hal tersebut kepala sekolah mencari inovasi dengan mendatangkan tokoh pendongeng yang terkenal di Sumatera Barat yaitu Niki Martoyo sebagai pendiri TBM Bukit Tui Padang Panjang. Niki merupakan spesialis pendongeng bagi anak-anak di Sumatera Barat.

“Kegiatan mendongeng yang dilaksanakan di Perpustakaan SDN 11 Tanah Garam ini merupakan program Perpustakaan SDN 11 Tanah Garam yang telah dua kali mendapatkan juara I perpustakaan terbaik di Kota Solok. Selain itu kegiatan mendongeng yang dilaksanakan juga menjaring kemampuan atau potensi siswa sebagai tahap dilaksanakan dalam  waktu singkat ini,” jelas Kepala Sekolah SDN 11 Tanah Garam, Yuniarti.

“Pihak Sekolah dan Kampung Dongeng Kota Solok sangat tertarik dengan kegiatan kreatif di Pojok Baca Sahabat Bukit Tui. Kerjasama dalam bentuk pertukaran buku antara Pojok Baca Sahabat Bukit Tui dengan Perpustakaan SDN 11 Tanah Garam Solok telah terbentuk dan Insya Allah kita akan saling berbagi pengalaman tentang bagaimana menumbuhkan minat bagi anak-anak, remaja dan para orang tua, agar mencintai buku, dan itu harus dimulai dengan kegiatan kraetivitas dan terus berinovasi sehingga masyarakat yang literat itu bisa terbentuk, dimana cara yang paling efektif adalah dimulai dari akar rumput, sehingga tumbuh subur dan menyebar di masyarakat,” papar Kak Niki biasa ia disapa.

Kegiatan mendongeng ini dilaksanakan di perpustakaan SDN 11 Tanah Garam berlangsung pada Senin (4/3/2019) yang diikuti oleh semua siswa berjumlah 161 orang ditambah dengan peserta undangan sekolah lain yaitu SDN 08 VI Suku, SDN 09 Tanah Garam, SDN 14 Laing dan beberapa Guru TK yang tergabung dalam kelompok kelas mendongeng ditambah dengan semua siswa TK Pelangi yang berada di lingkungan SDN 11 Tanah Garam.

Setelah kegiatan mendongeng selesai, acara dilanjutkan dengan sharing dengan narasumber, berbagai pertanyaan muncul, mulai dari mencari siswa yang berbakat/ berpotensi untuk mendongeng, kiat atau cara penjiwaan ketika mendongeng, ekspresi maupun gaya yang cocok dalam mendongeng nantinya. Begitu antusianya para peserta kegiatan ini dimana Dinas Pendidikan Kota Solok turun langsung meliput.

Semua peserta diskusi sangat berterima kasih kepada narasumber tentang ilmu yang dibahas. Kedatangan Kak Niki Martoyo ditunggu dilain waktu. Ilmu yang didapat semoga bias diterapkan. Siswa sebagai pendengar terlibat aktif dalam kegiatan mendongeng dan meminta waktu lebih. Ternyata kegiatan mendongeng itu sangat disukai oleh siswa. Mari membaca agar bisa mendongeng kepada siapa saja, Salam Literasi. (rpe)

Tags: , , , , ,