Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Giat Gotong Royong Peduli Lingkungan

Giat Gotong Royong Peduli Lingkungan

Solok, (InfoPublikSolok) – Kondisi cuaca saat ini yang sudah memasuki musim hujan di semua wilayah di Sumatera Barat khususnya Kota Solok, yang bisa berpotensi menimbulkan terjadi bencana alam, terutama banjir di sepanjang aliran sungai.

Mengantisipasi hal ini, Kodim 0309/Solok bersama masyarakat melaksanakan giat pembersihan Sungai Batang Lembang di wilayah Kelurahan Koto Panjang Kota Solok, Rabu (6/12).

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat Kasad tentang upaya antisipasi terjadinya bencana banjir dan munculnya wabah penyakit yang diakibatkan berkembangnya nyamuk di wilayah masing-masing dan melaporkan daerah rawan banjir serta melaksanakan pembersihan saluran air yang menyebabkan banjir dan bersarangnya nyamuk di wilayah masing-masing khususnya daerah pasar, pertokoan, perkantoran, permukiman padat penduduk, dan daerah di wilayah masing-masing.

Selanjutnya lurah bersama Kodim 0309/Solok dan Koramil 0309-01/Kota Solok yang juga dihadiri oleh perangkat kelurahan, Ketua RT/RW, Ketua LMPK, Ketua Pemuda dan warga Kelurahan Koto Panjang, serta turut hadir Polri, Organisasi Perangkat Daerah Kota Solok seperti DLH, BPBD dan Satpol PP Kota Solok.

Kegiatan dilaksanakan dengan membersihkan sampah-sampah yang ada di sekitaran jalan dan sungai batang lembang seperti sampah plastik, beling, rumput, daun serta ranting-ranting pohon. Masyarakat tampak antusias dan semangat dilihat dari banyaknya yang hadir serta tersedianya sarana dan prasarana yang ada dilokasi mulai dari mesin pemotong rumput, bak sampah, truck sampah serta alat-alat pemotong yang dibawa oleh warga.

Lurah Koto Panjang, Jimmi Muhara mengungkapkan bahwa selain memupuk rasa kebersamaan antar seluruh elemen Masyarakat, dalam kegiatan kerja bakti bersama juga menekankan sikap gotong royong peduli lingkungan.

“Kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi seluruh unsur Masyarakat yang telah hadir dalam kegiatan kerja bakti ini. Semoga kegiatan ini tidak hanya kegiatan temporer saja, melainkan kita semua menyadari betul gotong royong peduli lingkungan ini harus bisa terus digalakkan untuk meminimalisir resiko-resiko bencana seperti banjir dan merebaknya penyebaran penyakit,” ungkapnya.

Menurut Jimmi Muhara, kerja bakti ini bisa dijadikan intropeksi bersama dan memberikan semangat Masyarakat untuk menumbuhkan kembali rasa cinta pada lingkungan. Koordinasi penanganan resiko bencana juga terus diupayakan antara Pemerintah Kelurahan dengan Masyarakat.

“Sebenarnya kegiatan ini merupakan ikhtiar Masyarakat dalam mencari solusi yang lebih mudah dan menumbuhkan rasa cinta pada lingkungan sendiri. Pemerintah bersama seluruh unsur Masyarakat juga diminta untuk tidak membuang sampah sembarangan karena bagaimanapun juga kebersihan lingkungan ini  merupakan tanggung jawab bersama yang harus senantiasa dijaga.” Jelasnya. (Va/NvD)

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan