Goro Basikameh di Kelurahan Koto Panjang

Goro Basikameh di Kelurahan Koto Panjang

Solok, (InfoPublikSolok) – Jajaran Perangkat Kelurahan Koto Panjang bersama bersama Bundo Kanduang dan warga Koto Panjang dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat dan Personil DLH melaksanakan gotong royong (Goro) Basikameh di jalan bantaran Sungai Batang Lembang Kelurahan Koto Panjang, Jumat (12/7/2019).

Goro basikameh ini dilakukan dalam rangka pembersihan jalan dan parit-parit serta membersihkan semak yang terlihat di sepanjang jalan tepi sungai Batang Lembang, setelah bersih dilanjutkan pembuatan taman toga dan bunga di tepian Sungai Batang Lembang.

Ade Chandra Yuda selaku Lurah Koto Panjang mengatakan, selain menciptakan kondisi yang bersih, tujuan lain pelaksanaan Goro Basikameh ini juga untuk mempererat hubungan antara warga, Bundo Kanduang dengan unsur TNI-Polri, DLH dan perangkat Kelurahan sehingga dapat terjalin komunikasi yang baik.

“Semoga pelaksanaan gotong royong ini bisa menjadi agenda rutin ke depannya. Sehingga, selain lingkungan yang bersih, juga bisa mempererat hubungan silaturahmi antara warga dengan Perangkat Kelurahan dan aparat keamanan,” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti warga dengan penuh antusias. Hal ini terlihat dengan ramainya warga yang ikut bergotong royong serta para Bundo Kanduang yang bersama-sama secara swadaya kompak dalam menyediakan hidangan makanan untuk makan bersama.

Tampak hadir, Zulmianto, Babinsa Koto Panjang dan beberapa Personel TNI dari Kodim 0309/Solok, Bhabinkamtibmas Koto Panjang Aiptu Era Busmar, seluruh jajaran Bundo Kanduang Koto Panjang, Ketua RT/RW, PKK dan Dasawisma, Personil DLH serta Linmas Koto Panjang.

Menurut Nova, salah seorang Kader PKK Koto Panjang, tujuan Goro Basikameh selain membersihkan lingkungan dan pinggir jalan sungai Batang Lembang juga untuk mengajak warga peduli lingkungan bersih dan yang paling penting untuk mempererat silaturahmi seluruh warga Koto Panjang untuk ke depannya.

“Sekarang kita dapat menikmati keindahan taman dan kebersihan lingkungan dari sampah jika kita melintas di jalan pinggir Sungai Batang Lembang yang berada di kawasan Kelurahan Koto Panjang ini,” tutur Nisa salah seorang warga yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Goro basikameh ini. (da)