Grand Design Pembangunan Kependudukan Kota Solok Tahun 2020-2040

Grand Design Pembangunan Kependudukan Kota Solok Tahun 2020-2040

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Solok gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Kota Solok Tahun 2020-2040 bertempat di Aula Bappeda Kota Solok, Rabu (08/07).

Bimtek tersebut, dibuka langsung oleh Walikota Solok Zul Elfian, yang dihadiri oleh Ardinal Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Solok, Tim GDPK Kota Solok dan OPD terkait, dengan menghadirkan Prof. Dr. Rahmat Syahni Zakaria Ketua Koalisi GDPK Provinsi Sumatera Barat beserta Tim selaku narasumber,

Dalam sambutanya, Walikota Solok menyampaikan dengan adanya Bimtek ini dapat memberikan pemahaman kepada seluruh Tim mengenai desain pembangunan kependudukan yang terarah dan terukur, agar dapat menjadi landasan dalam pelaksanaan pembangunan Kota Solok kedepan.

“Meskipun saat ini kita di tengah pandemi Covid-19, namun pembangunan penduduk harus terus dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Lanjutnya, “GDPK ini dapat menghasikan pedoman bagi pemerintah daerah Kota Solok dalam merencanakan program dan kegiatan yang terkait dengan pembangunan kependudukan sehingga dicapai kondisi kependudukan Kota Solok yang diharapkan,” harap Zul Elfian.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Solok melaporkan, pembangunan kependudukan adalah upaya mewujudkan sinergi, sinkronisasi dan harmonisasi pengendalian kuantitas, peningkatan kualitas, pembangunan keluarga, penataan persebaran dan pengarahan mobilitas, serta penataan administrasi kependudukan.

“Penyusunan GDPK Kota Solok merupakan upaya dalam menjawab tantangan yang dihadapi Kota Solok dalam pembangunan kependudukan pada masa yang akan datang. Diantara tantangan tersebut dari aspek kuantitas penduduk adalah Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) dan Total Fertility Rate (TFR) Kota Solok relatif masih tinggi,” ungkap Ardinal

Prof. Dr. Rahmat Syahni Zakaria beserta Tim memaparkan Laporan Sementara Grand Design Pembangunan Kependudukan Tahun 2020-2040. Aspek pembangunan kependudukan yang dipaparkan meliputi aspek pengendalian kuantitas penduduk, peningkatan kualitas penduduk, pengarahan mobilitas penduduk, pembangunan keluarga dan penataan administrasi kependudukan.

Mengantisipasi dinamika kependudukan di masa mendatang dan memberikan arah kebijakan pelaksanaan pembangunan kependudukan serta menjadi pedoman penyusunan road map pembangunan kependudukan. GDPK diharapkan menjadi pedoman bagi OPD dan lembaga serta pemerintah daerah dalam perencanaan pembangunan yang berwawasan kependudukan. (ez)

Tags: , , , , , , , ,