Grand Final Lomba Bercerita Tingkat SD/MI Se-Kota Solok Tahun 2020    

Grand Final Lomba Bercerita Tingkat SD/MI Se-Kota Solok Tahun 2020      

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Solok selenggarakan Grand Final Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se-Kota Solok, Rabu (24/6), bertempat di Studio Mini DinasPerpustakaan dan Kearsipan Kota Solok.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Wadirman, mengungkapkan “Grand Final lomba bercerita tingkat SD/MI se-Kota Solok ini dilaksanakan sesuai Protokol Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) serta tatanan normal baru.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk tetap menjaga kearifan lokal, melalui cerita-cerita dan legenda setempat agar tidak hilang tertelan zaman. Saat ini budaya lokal banyak anak-anak yang tidak mengetahui betapa banyaknya sejarah dan legenda yang kita punya, harapannya dengan perlombaan ini anak bangsa turut serta melestarikan budaya lokal,” ujar Wadirman

Ketua Panitia Weni Oktiarni mengungkapkan “Jumlah Peserta yang mengikuti Lomba bercerita tingkat SD/MI se-Kota Solok ini diikuti oleh 29 SD/MI se-Kota Solok. Setelah dilaksanakan penilaian oleh dewan juri pada hari Senin (22/6), maka SD/MI yang lulus dan masuk Grand Final sebanyak 4 (empat) sekolah yaitu SD Negeri 16 Nan Balimo Kota Solok, SD Negeri 01 Tanjung Paku Kota Solok, SD Negeri 02 PPA Kota Solok dan SD Negeri 09 PPA Kota Solok”.

Lebih lanjut, Weni Oktiarni menjelaskan “Setelah ke 4 peserta terbaik tampil secara bergantian, dewan juri mengadakan diskusi untuk pemilihan juara I, juara II, juara III dan Harapan I. Pukul 15.00 WIB hari Rabu (24/6), Dewan Juri yang terdiri dari Pegiat Literasi Mampir dogeng Sumatera Barat Kak Obe, relawan bercerita dari Kampong Dongeng Kota Solok (KADO) Kamrita Dewi dan Ahli Bahasa dari UMMY Kota Solok Rini telah memutuskan bahwa Juara I SD Negeri 02 PPA Kota Solok Kanaya Andriga, Juara II SD Negeri 16 Nan Balimo Kota Solok Albeqyia Nalani, Juara III SD Negeri 09 PPA Kota Solok Nayla Fauqiyatuftaqwa dan Harapan I SD Negeri 01 Tanjung Paku Aprillia Syifa”.

Kasi Pembudayaan Kegemaran Membaca DPK Kota Solok menyampaikan “Pemenang Lomba Bercerita SD/MI tingkat se-Kota Solok ini, akan diutus mewakili Kota Solok mengikuti Lomba Bercerita tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2020,” ujar Legriani.

Senada dengan itu Sevri Febriona, S. Sos Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, berharap Kota Solok bisa meraih prestasi sebagai pemenang lomba bercerita tingkat provinsi nanti, untuk meraih harapan tersebut Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok akan melakukan pembinaan secara intensif kepada anak kita Kanaya Andriga. Supaya harapan tersebut bisa terwujud, Tutup Sevri Febriona. (jij)

Tags: , , , , , , , , ,