Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

3 Maret 2024

Gubernur Sumatera Barat lepas 20.000 benih ikan

Gubernur Sumatera Barat lepas 20.000 benih ikan
Posted by:

Kota Solok – Masyarakat kota Solok yang diwakili oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air Banda Tangah, Lukah Pandan, Kelurahan IX Korong, menerima bantuan dua puluh ribu benih ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat.

Dua puluh ribu benih ikan tersebut dilepaskan lansung secara simbolis oleh Gubernur Sumatera Barat, Iwan Prayitno di irigasi Bandar Pamujan Lukah Pandan Kota Solok, Selasa (30/6).

Dalam kesempatannya itu, Gubernur Sumatera Barat mengharapkan, agar masyarakat daerah setempat mampu menjaga dan melestarikan jenis habitat ikan dan hewan lainnya yang ada di daerah setempat.

Dan dikatakannya, agar pemerintah mengeluarkan peraturan daerah (Perda) tentang pelarangan menangkap ikan atau hewan lainnya dengan cara meracuni atau dengan kemakai bahan peledak, katanya.

Dalam kesempatan lain, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Ir. Yosmeri, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh dinasnya, dan dalam rencananya sebanyak 370 ribu benih ikan akan dilepaskan diperairan umum yang ada di sepuluh daerah Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.

Untuk Kota Solok sendiri dijatahkan sebanyak dua puluh ribu bibit ikan yang terdiri 5000 benih ikan Emas, 12.000 benih ikan Nila, dan 3000 benih ikan Gurami, paparnya Yosmeri.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Solok yang juga merupakan Ketua Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Banda Tangah, Yutris Can, SE mengucapkan terima kasih atas kepedulian yang diberikan oleh pemerintah Provinsi kepada Kota Solok. Lebih lanjut dikatakannya, untuk menjaga habitat hewan atau ikan yang ada, Kota Solok telah memiliki Peraturan Daerah yang mengatur pelarangan menangkap ikan dengan cara meracuni.(gia)

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.