Gubernur Sumbar Resmi Buka Turnamen Karate Solok Madinah Championship 2019

Gubernur Sumbar Resmi Buka Turnamen Karate Solok Madinah Championship 2019

Solok, (InfoPublikSolok) – Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno buka turnamen Karate Terbuka Solok Madinah Championship 2019  di Sport Hall GOR Tanjung Paku Kota Solok, Jum’at (15/2/2019). Turnamen yang berlangsung selamat tiga hari dari tanggal 15 s/d 17 Februari 2019 ini diikuti oleh 525 orang Karateka dari 12 perguruan di Sumatera Barat, kerjasama Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok dengan FORKI Sumatera Barat.

Turut hadir juga Walikota Solok, Zul Elfian, Wakil Walikota Solok, Reinier, Forkopimda, Kepala Dispora Provinsi Sumatera Barat, Kepala OPD terkait, Ketua FORKI Sumatera Barat dan Ketua Pelaksana sekaligus Kepala Dispora Kota Solok, Dodi Osmond.

Ada 3 kelas yang dipertandingkan diantaranya, Kadet Putra dan Putri, Junior Putra dan Putri serta Senior Putra dan Putri. Memperebutkan Piala Bergilir Walikota Solok dan total hadiah Rp. 55 juta rupiah dengan rincian juara setiap kategorinya mendapatkan uang pembinaan Rp. 1 juta rupiah, Juara Umum kontingen mendapatkan hadiah Rp. 7 juta, Juara Umum Dua Rp. 5,5 juta dan Juara Umum Ketiga Rp. 3,5 juta. Kemudian, juga dipilih Best of the Best setiap kategorinya dengan hadiah Rp. 1 juta.

“Olahraga akan berdampak luas bagi kepentingan lain, seperti perekonomian, sosial dan olahraga semakin hidup,” ucap Gubernur Irwan Prayitno saat memberikan sambutan jelang pembukaan turnamen.

“Kami harap untuk kedepannya Kota Solok dapat menyelenggarakan kejuaraan Karate ini setiap tahunnya. Mudah-mudahan kejuaraan ini dapat menghasilakan bibit unggul yang mewakili Kota/Kabupatennya tingkat nasional maupun internasional,” harapnya.

“Sekarang ini hanya 3 orang Karateka Sumbar yang berstatus atlet internasional, kami harap nantinya lebih banyak lagi atlet internasional maupun nasional yang dimiliki Sumbar lahir ari ajang bergengsi ini,” tambah Gubernur yang juga rutin berlatih mendalami olahraga beladiri karate dan pemegang sabuk hitam dan VI PB Inkanas ini.

Walikota Solok, Zul Elfian dalam sambutannya berharap dengan adanya turnamen Karate Terbuka Solok Madinah Championship 2019 ini dapat menghasilkan pertandingan yang berkualitas dan sportif. Selain itu, kegiatan ini juga dalam rangka bentuk perhatian yang diberikan oleh Pemko kepada Dojo/ Perguruan Karate untuk meningkatkan jam terbang dan kejuaraan bagi atlet Karate.

“Saya tekankan lagi kepada peserta untuk bertanding secara sportif, hormati juri dan jagalah persaudaraan,” tambah Walikota.

Drs. Dodi Osmond, M.Si selaku Ketua Pelaksana dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga disela pembukaan menegaskan kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kompetisi dan jam terbang bagi cabang karate di Kota Solok, juga dalam rangka menjaring bibit unggul cabang Karate yang bisa dibina oleh Pemerintah Kota Solok melalui Dispora ke tingkat nasional dan internasional.

“Kita patut bersyukur karena kegiatan ini mendapat respon yang luar biasa dari masyarakat kota apalagi dari jumlah peserta yang membludak jauh dari rencana awal. Sebelumnya diprediksi hanya 500 orang atlet,” sebut Kadispora.

Sebelum pembukaan, mulai Jumat (15/2) pagi sudah dipertandingkan beberapa kelas Kadet Putra dan Putri pada nomor Kata/Seni.  (ep)

Tags: , , , ,