HAB Kemenag ke-77, Siswi MI Kota Solok Juara II Lomba Tahfidzul Quran

HAB Kemenag ke-77, Siswi MI Kota Solok Juara II Lomba Tahfidzul Quran

Padang, (InfoPublikSolok) – Tasyakuran dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama Republik Indonesia ke-77 tingkat Sumatera Barat diawali dengan pemotongan kue oleh Wakil Gubernur Suamatera Barat, Audy Joinaldy yang didampingi Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar, H. Helmi dan Ketua DWP, Ny. Hj. Nazifah Helmi.

Tasyakuran HAB 2023 yang dilaksanakan di Aula Amal Bakti Kanwil Kemenag, Kamis (12/1) melihatkan banyak hal yang berbeda dari tahun sebelumnya, begitu banyak apresiasi dan penghargaan atas dedikasi dan pengabdian ASN melalui inovasi dan prestasi yang ditorehkan.

Kakanwil H. Helmi mengapresiasi dukungan dan sinergitas Pemprov Sumbar selama ini. Kerja keras dan peran aktif ASN Kemenag Sumbar yang melahirkan banyak Inovasi dan proyek perubahan. “Bukan Kakanwilnya yang hebat, tapi kerjasama dan peran aktif stakeholdernya yang menorehkan banyak capaian gemilang ditahun 2022,” ungkapnya.

Sebelumnya, Hendri Pani Dias, Ketua HAB Kemenag Sumbar menyampaikan sejumlah perlombaan tahun ini memantik penguatan aparatur dan masyarakat dalam memahami moderasi beragama, di antaranya, penulisan biografi tokoh agama abad 20 (ulama minangkabau), lomba Salawat Dulang bertemakan Moderasi Beragama, lomba Tahfidzul Quran, lomba Film Pendek bertemakan moderasi beragama, lomba Mars Kemenag, Penulisan Cerpen Islami hingga lomba ceria penuh semangat secara simultan berlangsung dari 21 Desember 2022 hingga 14 Januari 2023 yang ditutup dengn Gerak Jalan Kerukunan yang diikuti dengan penyelenggaraan deklarasi damai umat beragama.

Plt. Kepala Kemenag Kota Solok, H. Zulkifli dalam kegiatan ini sangat mengapresiasi Kemenag Kota Solok yang ikut berpartisipasi dalam semua kegiatan yang dilakukan Kanwil Kemenag Sumbar di Padang. “Dalam setiap perlombaan kalah menang itu biasa, namun bagaimana kita mengambil hikmah dari setiap perlombaan tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut, H. Zulkifli menyampaikan bahwa menjadi ASN Kementerian Agama adalah suatu kebanggaan, karena banyaknya kemudahan dan kepastian yang didapat dari Kementerian Agama. Tentunya semua itu juga harus diikuti oleh performa yang baik dalam bekerja untuk negeri.

“Kita harus bersyukur menjadi ASN Kementerian Agama karena beberapa keuntungan yang kita dapatkan. Oleh karena itu, marilah kita syukuri nikmat tersebut dengan bekerja dengan baik, sesuai dengan aturan yang berlaku. Semangat kita dalam bekerja, harus tetap melayani masyarakat dengan maksimal,” kata H. Zulkifli.

Sementara itu, Ketua DWP Kemenag Kota Solok mengapresiasi jajaran DWP Kemenag Kota Solok yang telah ikut menyukseskan kegiatan perlombaan DW yang diadakan dalam ragka HAB Kemenag ke-77. “Kita sebagai pendamping suami harus berperan serta dalam setiap kegiatan DWP untuk menunjang kinerja suami,” tuturnya.

 

Dalam perlombaan yang dilaksanakan DWP Kemenag Provinsi, Kemenag Kota Solok mampu menorehkan prestasi Juara II Lomba Tahfidzul Quran antar siswi MI se-Sumbar yang diperoleh oleh Rosyidah Rahmatul Husna dan Juara Favorit Estafet Kain Sarung dari Tim DWP Kemenag Kota Solok.

Terakhir kegiatan penyerahan hadiah bagi pemenag lomba dan pertandingan HAB Kemenag ke-7 Tahun 2023. Kegiatan ini turut dihadiri Ketua PMI Sumbar, Ketua BWI Sumbar, Kepala UPT Asrama Haji Padang, Kepala BDK, Kakankemenag se-Sumbar, Pengurus PPKA serta Aparatur JFT dan JFU Kanwil Kemenag Sumbar. (helda)

Tags: