Hadapi Pemilu Serentak, Sentra GAKKUMDU Samakan Persepsi

Hadapi Pemilu Serentak, Sentra GAKKUMDU Samakan Persepsi

Solok, (Info Publik Solok) – Dalam rangka meningkatkan Pengawasan dan Penegakkan Hukum Pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solok melaksanakan kegiatan Koordinasi Sentra Gakkumdu (Sentra Penegakkan Hukum Terpadu), Kamis (12/01) di Kantor Bawaslu Kota Solok.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua, Anggota dan Sekretariat Bawaslu Kota Solok, Wakapolres Solok Kota beserta unsur Kepolisian, Kasipidum beserta unsur Kejaksaan yang tergabung dalam Sentra Penegakkan Hukum Terpadu.

Dalam pembukaan acara, Ketua Bawaslu Kota Solok Triati, S.Pd menyatakan bahwa, “Kegiatan hari ini adalah dalam rangka menyatukan pandangan terhadap pola kerja dan kesepahaman terhadap tugas dan fungsi Sentra Gakkumdu dalam Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024,” jelas Triati.

“Bersama-sama kita mengajak seluruh unsur yang ada di Sentra Gakkumdu, Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksanaan untuk menjaga pola hubungan koordinatif dengan tetap menjaga kemandirian masing-masing institusi”.

“Tantangan Penegakan Hukum Pidana Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024, penting untuk dilakukan penguatan eksistensi kelembagaan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) melalui redesain pola kerja dan kesepahaman”.

“Tantangan kita kedepan, seluruh unsur yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu secara bersama-sama memaknai norma pengaturan pelanggaran pidana pemilu atau pemilihan serentak, dengan penyesuaian terhadap perkembangan hukum yang ada saat sekarang,” tamabahnya.

Anggota Bawaslu Kota Solok Rafiqul Amin, S.Pd.I, M.Pd mengatakan bahwa, “Proses penegakan pelanggaran pemilu untuk tiga institusi dalam Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) yaitu Bawaslu, Kepolisian, dan Kejaksaan dituntut bekerja dengan cepat dan berkordinasi secara optimal jelang Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024,” papar Rafiqul.

Anggota Bawaslu Kota Solok Budi Santosa, MP mengatakan bahwa “Saat ini kita sedang dalam pengawasan tahapan rekruitmen penyelenggara adhoc, penyusunan daerah pemilihan dan alokasi kursi Anggota DPRD Kota Solok, pemutakhiran data pemilih dan verifikasi administrasi dukungan minimal bakal calon perseorangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).”

“Tahapan ini berjalan secara berisisan pada jadwal waktu yang bersamaan, sehingga memerlukan dukungan seluruh pihak dalam pelaksanaan pengawasan”.

Waka Polres Solok Kota, Kompol Joni Darmawan, SH menyambut baik kegiatan ini dan menyatakan “Sentra Gakkumdu diharapkan satu suara dalam setiap penanganan pelanggaran Pemilu atau Pemilihan Serentak Tahun 2024”.

Kasipidum Kejaksaaan Negeri Solok Edo Dede Pisano, SH menyatakan bahwa “hadirnya Sentra Gakkumdu dalam sistem penegakan hukum pemilu tidak hanya sekedar dalam makna legalistik prosedural, tetapi lebih dari itu dimaksudkan dalam rangka mengafirmasi keadilan pemilu sebagai prasyarat utama dalam mewujudkan pemilu yang berintegritas”.

“Demokrasi kita harus tumbuh dan berkembang lebih dewasa, karena tahun 2024 sebagai demokrasi terbesar sepanjang sejarah dalam pelaksanan pemilu dan pemilihan di Indonesia”.

“Tahun 2024 kita akan melaksanakan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD dan DPRD tanggal 14 Februari 2024 serta Pemilihan Serentak Gubernur/ Wakil Gubernur, Bupati/ Wakil Bupati dan Walikota/ Wakil Walikota tanggal 27 November 2024”. (si)

Tags: , , ,