HAN Kota Solok 2019 ; Hargai dan Jamin Hak-Hak Anak Tanpa Diskriminasi

HAN Kota Solok 2019 ; Hargai dan Jamin Hak-Hak Anak Tanpa Diskriminasi

Solok, (InfoPublikSolok) – Hari Anak Nasional (HAN) dilaksanakan setiap tanggal 23 Juli, pada tahun  ini peringatan HAN dipusatkan di Kota Makassar yang mengambil tema  Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak, untuk  selanjutnya Peringatan akan dilaksanakan secara berjenjang pada taingkat Provinsi dan Kabupaten/ Kota. Hari Anak Nasional (HAN).Kota Solok memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2019, bertempat di Kubuang 13, Selasa (20/08).

Ketua Pelaksana Kegiatan HAN Tahun 2019, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Solok menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa selanjutnya anak harus memiliki bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, kemitraan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

” Pemerintah bersama dunia usaha, lembaga kemasyarakatan, dunia pendidikan dan media massa menjadi leading sektor untuk melakukan kerja aktif yang berimplikasi terhadap tumbuh kembang anak dengan cara melakukan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di sektor masing-masing serta mendorong terwujudnya Indonesia Layak Anak (IDOLA) khususnya Kota Solok Kota Layak Anak,” sampai Delfianto.

Kegiatan ini dibuka oleh  Walikota Solok bersama DPRD, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Solok, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Barat serta Kepala OPD. Kegiatan ini dihadiri 800 undangan yang  terdiri dari  Ketua TP-PKK, Ketua P2TP2A, Ketua Organisasi Perempuan, Pimpinan BUMN/ BUMD, dunia usaha Camat dan Lurah  se Kota Solok serta  para Guru dan ratusan Pelajar.

Walikota Solok dalam sambutannya menyampaikan, ” Melalui peringatan Hari Anak Nasional diharapkan Pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat dapat bersama-sama berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan kepedulian dalam menghormati, menghargai dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi, dan memastikan segala hal yang terbaik untuk anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Hari Anak Nasional merupakan hari yang sepenuhnya menjadi milik anak Indonesia khususnya anak-anak Kota Solok, sehingga setiap anak memiliki kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri dalam berbagai kegiatan yang positif, ” tegas Zul Elfian.

Peringatan HAN di Kota Solok diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya Pengukuhan Forum Anak Daerah Kota Solok yang dikukuhkan langsung oleh Walikota, Penandatangan komitmen bersama mendukung program dan kegiatan Forum Anak Daerah Kota Solok, Forum Anak Daerah Kecamatan dan Forum Anak Daerah Kelurahan yang diawali penandatangan oleh Walikota Solok dan diikuti oleh Ketua DPRD serta undangan lainnya.

Terakhir Walikota menyampaikan  pada tanggal 23 Juli 2019 yang lalu, Kota Solok kembali meraih penghargaan untuk Kota Layak Anak Tingkat Madya dan Penghargaan Pelopor Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) Taman Syekh Kukut dengan Peringkat RBRA Tahun 2019 yang diterima dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia di Makassar. Mudah-mudahan tahun depan kita dapat meningkatkan menjadi Nindya. Kami mengharapkan seluruh OPD dan unsur terkait  lebih meningkatkan program dan kegiatan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak dalam upaya mewujudkan Kota Solok Kota Layak Anak. (as)

Tags: , , , , ,