Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

1 Maret 2024

Harga Rokok Naik, Puskesmas Nan Balimo Perkenalkan Klinik Berhenti Merokok

Harga Rokok Naik, Puskesmas Nan Balimo Perkenalkan Klinik Berhenti Merokok

MC-Solok. Seiring wacana Pemerintah menaikkan cukai rokok mulai terdengar santer isu kenaikan harga rokok, bahkan ada yang memperkirakan harga rokok rata-rata akan berkisar seharga 50 ribu rupiah. Bagi kementerian kesehatan dengan naiknya harga rokok diharapkan akan dapat menurunkan jumlah perokok aktif di masyarakat. Menanggapi keresahan masyarakat tersebut Puskesmas Nan Balimo Kota Solok jauh-jauh hari telah membentuk klinik berhenti merokok.

Klinik Berhenti Merokok Puskesmas Nan Balimo Kota Solok Sumatera Barat telah berdiri sejak Bulan September 2015, klinik tersebut sampai akhir bulan November telah memberikan tata laksana berhenti merokok melalui terhnik konseling, pemeriksaan CO analizer, Peaklow meter pada sebelas orang klien yang ingin berhenti merokok.

Menurut KTU Puskesmas Nan Balimo, Hadimainir, SKM ketika berbicara dihadapan para peserta Diklat PIM IV Kota Solok, sabtu (20/8), klinik berhenti merokok pada puskesmas ini telah dilengkapi dengan peralatan untuk terapi berhenti merokok, bantuan dari pemerintah dan setiap kali terapi tidak di pungut biaya. Beliau juga menambahkan Klinik Berhenti merokok ini satu-satunya yang ada di Kabupaten dan Kota Solok bahkan mungkin di Sumatera Barat. Untuk berhenti merokok pasien harus terapi 4 sampai 10 kali tergantung niat dan kesungguhan pasien.

Untuk terapi berhenti merokok ini kami menggunakan metoda SEFT yakni: “The Set-Up” bertujuan untuk memastikan agar aliran energi tubuh kita terarahkan dengan tepat. Langkah ini kita lakukan untuk menetralisir “Psychological Reversal” atau ‘perlawanan psikologis” (biasanya berupa pikiran negatis spontan atau keyakinan bawah sadar negatif).

langkah kedua, the tune-in dengan cara merasakan rasa sakit yang kita alami, lalu mengarahkan pikiran kita ke tempat rasa sakit, dibarengi dengan hati dan mulut kita mengatakan,”Ya Allah saya ikhlas, saya pasrah..” atau “Yaa Allah saya ikhlas menerima sakit saya ini, saya pasrahkan pada-Mu kesembuhan saya.”

langkah ke-3 (Tapping). Tapping adalah mengetuk ringan dengan dua ujung jari pada titik-titik tertentu di tubuh kita sambil terus Tune-In. Titik-titik ini adalah titik-titik kunci dari “The Major Energy Meridians”, yang jika kita ketuk beberapa kali akan berdampak pada ternetralisirnya gangguan emosi atau rasa sakit yang kita rasakan. Karena aliran energi tubuh berjalan dengan normal dan seimbang kembali. (dhani)

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.