Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

22 Februari 2024

Hari Kedua Safari Ramadan, Wako Zul Elfian Umar Tarawih di Masjid Al Falah Laing Pasir

Hari Kedua Safari Ramadan, Wako Zul Elfian Umar Tarawih di Masjid Al Falah Laing Pasir

Solok, (InfoPublikSolok) – Memasuki hari kedua Safari Ramadhan 1444 H, Rombongan tim I Pemerintah Kota Solok mengunjungi Masjid Al Falah Laing Pasir, Kelurahan Laing, Kecamatan Tanjung Harapan, Rabu (29/3).

Kehadiran rombongan Tim I Safari Ramadan yang dipimpin langsung oleh Walikota Solok, H. Zul Elfian Umar telah dinanti oleh masyarakat laing Pasir yang telah memenuhi seluruh sudut ruangan Masjid Al Falah menjelang waktu shalat isya datang.

Safari Ramadan Walikota Solok pada malam kedelapan bulan Ramadhan 1444 H ini diawali dengan shalat isya berjamaah bersama masyarakat Laing Pasir, dilanjutkan dengan mendengarkan tausiah yang disampaikan oleh Buya Irwan St. Kayo.

Dalam tausiahnya Buya Irwan menjelaskan perintah Allah SWT dalam QS. Al Maidah 90 dan QS. Al Isra 32 agar menjauhi perbuatan setan yaitu minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, perbuatan zina adalah perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk yang akan mengundang azab dan bencana dari Allah SWT.

Usai mendengarkan tausiah, jemaah masjid Al Falah bersama Tim I yang beranggotakan Kepala Dinas PUPR, Kepala Bank Nagari Cabang Solok, Ketua Baznas Kota Solok, Kepala Samsat Kota Solok, Kabag Prokomp, Kabag Kesra, Lurah Laing serta awak media melaksanakan shalat tarawih dan witir berjamaah.

Pengurus Masjid Al Falah, Zainofal Asri menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Wali Kota Solok beserta rombongan yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir dan bertatap muka langsung dengan masyarakat Kelurahan Laing Pasir yang berbatasan langsung dengan Nagari Saok Laweh, Kabupaten Solok.

Zainofal juga menyampaikan agar Pemerintah Kota Solok untuk terus memberikan perhatian khusus untuk daerah Laing Pasir terutama menuntaskan pembangunan infrastruktur jalan lingkar utara yang akan memudahkan warga mengakses fasilitas yang ada di Kota Solok.

Sementara itu, Walikota Solok mengawali sambutannya menyampaikan suatu kenikmatan dapat beribadah dengan jamaah Masjid Al Falah. Di bulan yang suci ini, Wako Zul Elfian mengajak semua jemaah dapat merebut ridha dan kasih sayang Allah SWT menjadi pribadi, keluarga dan masyarakat yang beriman dan bertaqwa.

Pada kesempatan silaturahmi ini, Wako menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan tim safari ramadhan di Masjid Al Falah adalah pertama dalam rangka silaturahmi dengan warga laing pasir, kedua menyampaikan informasi pembangunan dan menampung aspirasi dari jemaah, dan ketiga menyalurkan bantuan untuk masjid Al Falah.

Menanggapi harapan warga terkait penuntasan jalan lingkar utara, Wako mengungkapkan untuk tahun anggaran 2023 belum dapat direalisasikan pembiayaan yang bersumber dari APBN, namun persoalan pembebebasan lahan dibereskan. Mengingat besarnya anggaran yang dibutuhkan, penuntasan jalan lingkar utara akan diupayakan melalui APBD Kota Solok secara bertahap.

Wako juga menyampaikan, Pemko Solok akan fokus pada peningkatan kualitas pendidikan, jika ada masyarakat yang terkendala dalam biaya pendidikan, pemerintah Kota Solok bersama Baznas Kota Solok akan fasilitasi melalui bantuan biaya pendidikan bagi masyarakat kurang mampu.

Dalam sesi penyampaian aspirasi, Wako menyetujui harapan masyarakat laing Pasir terkait usulan perbaikan rumah produksi serai wangi yang saat ini perlu perbaikan agar bisa dimanfaatkan.

Mengingat letak geografisnya wilayahnya, Wako Zul Elfian juga menyepakati aspirasi warga yang meminta agar mengganti zonasi SDN Laing dipindahkan ke zona SMPN 2 di Tanjung Paku, dari sebelumnya SMPN 3 di Tembok dirasakan terlalu jauh, begitu juga SMPN 2 zonasinya ke SMAN 2 Kota Solok.

Kegiatan Safari Ramadhan Walikota Solok di Laing Pasir ini diakhiri dengan penyerahan bantuan dari Pemda sebesar Rp3 juta yang diserahkan oleh Ketua Baznas Kota Solok, AKBP (Purn) Zaini, dilanjutkan bantuan dari Bank Nagari Rp2,5 juta diserahkan oleh Kepala Bank Nagari Cabang Solok, Albert Junaidi kepada pengurus masjid serta penyerahan bantuan kitab suci Al-Quran yang diserahkan oleh Kepala Dinas PUPR, Afrizal, M.Eng. (*)

Tags: , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.