Hari Kesehatan Nasional Ke-56 Tahun 2020

Hari Kesehatan Nasional Ke-56 Tahun 2020

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan dan seluruh jajaran insan kesehatan Kota Solok mengadakan upacara secara serentak dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-56 tahun, Kamis (12/11/2020) di aula Dinas Kesehatan Kota Solok.

Upacara tersebut di ikuti oleh Kepala Bidang Kabid Pelayanan Promosi dan sumber daya kesehatan, dr. Hiddayaturrahmi, M.Kes dan Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Niko Rianda Putra, MKM, beserta staf, perwakilan dari RSU M, Natsir, Rumkit Tk IV,BPJS, Keperawatan Poltekes Solok, Akper YPTK Solok, beserta organisasi profesi se-Kota Solok.

Tema Hari Kesehatan Nasional ke-56 tahun kali ini adalah Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, yang  merupakan salah satu momentum penting bagi seluruh petugas kesehatan diseluruh Indonesia baik ditingkat pusat maupun daerah, karena bersamaan dengan pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap aspek kesehatan, sosial dan ekonomi, serta terganggunya pelayanan diberbagai bidang. Kondisi ini cenderung akan berlanjut sejalan dengan masih banyaknya pihak yang mengabaikan protokol kesehatan yang sudah disosialisasikan dan belum membudayanya perilaku pencegahan Covid-19 di masyarakat. Persepi masyarakat terhadap bahaya Covid-19 umumnya cenderung merasa takut dan khawatir terhadap virus corona.

“Perjuangan kita menyelamatkan bangsa dari belenggu Covid-19 masih panjang dan membutuhkan kerja keras, ikhtiar yang harus dilakukan adalah berusaha untuk melindungi diri, keluarga dan orang lain disekitar kita dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar dr. Hiddayaturrahmi.

Lanjutnya, “Transmisi atau penularan di masa adaptasi kebiasaan baru akan terus terjadi selama masyarakat tidak mau menerapkan perilaku pencegahan Covid-19, oleh karena itu kita mengajak masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan dengan pola hidup sehat menjadi sangat penting. Masyarakat harus membiasakan untuk selalu memakai masker utamanya bila keluar rumah, selalu menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan sesering mungkin. Tiga hal ini menjadi hal yang fundamental untuk dilakukan dalam perilaku kita,” tutur dr. Hiddayaturrahmi

Acara tersebut ditutup dengan pemberian masker dan melakukan kegiatan tepuk tangan selama 56 detik tepat pada pukul 12.00 WIB bersama jajaran masing-masing secara virtual. Melalui rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional, kita mengajak masyarakat untuk belajar dan bertanggung jawab terhadap kesehatan diri yang diwujudkan dengan berprilaku sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. Mari satukan tekad menuju Indonesia sehat, jaga diri keluarga dan masyarakat, selamatkan bangsa dari pandemi Covid-19. (es)

Tags: , , , , , , ,