Hari Pertama Puasa, Dinas Kesehatan Survey Personal Hygiene Pasar Pabukoan

Hari Pertama Puasa, Dinas Kesehatan Survey Personal Hygiene Pasar Pabukoan

Solok, (InfoPublikSolok) – Memasuki hari pertama puasa Ramadhan 1440 H,  Senin (7/5/2019), Dinas Kesehatan Kota Solok melaksanakan survey identifikasi awal Personal Hygiene Pedagang Pasar Pabukoan Kota Solok di Jalan Cengkeh.

Tim dari Dinas Kesehatan Kota Solok yang turun dikepalai oleh Kabid PPSDK, dr. Hiddayaturrahmi, M.Kes didampingi Kasi SDK, Wendri Herman, MKM, Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Niko Rianda Putra, MKM serta Petugas Kesling dari Puskesmas.

Survey identifikasi awal Pasar Pabukoan ini dilakukan dengan tujuan untuk memeriksa kondisi makanan dan personal hygiene pedagang. Pada waktu survey ditemukan jenis makanan yang cukup beragam seperti lauk pauk, gorengan, minuman serta makanan lainnya.

Dari hasil survey makanan tersebut dari segi penyajiannya masih banyak etalase makanan yang terbuka dan tidak ditutup, para pedagang dinilai masih banyak yang kurang menjaga personal hygiene.

“Dalam hal personal hyiegene, secara umum belum memenuhi persyaratan karena masih banyak pedagang yang tidak memakai sarung tangan, penutup kepala dan celemek pada waktu melayani pembeli, bahkan didapat ada juga yang merokok di sekitar tempat berjualan,” ungkap dr. hiddayaturrahmi.

“Dinas Kesehatan menyarankan kepada para pedagang untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan personal hygiene-nya agar makanan yang dijual nantinya tidak membahayakan atau menyebabkan sakit terhadap masyarakat yang berbelanja di Pasar Pabukoan,” imbaunya. (es)

Tags: , , ,