Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

22 Februari 2024

Hari Tani Nasional 2022 di Kota Solok Dirayakan Petani dengan Meriah

Hari Tani Nasional 2022 di Kota Solok Dirayakan Petani dengan Meriah

Solok, (InfoPublikSolok) – Hari Tani Nasional seyogyanya dirayakan pada tanggal 24 September 2022, namun karena sesuatu hal di Kota Solok dirayakan pada tanggal 14 Desember 2022. Namun keterlambatan perayaan tidak mengurangi nilai semangat petani untuk menghadirinya.

Sekitar 100 peserta perayaan Hari Tani Nasional hadir ke Aula Dinas Pertanian Kota Solok, Rabu (14/12) yang terdiri dari Camat, Lurah se-Kota Solok, Gabungan Kelompok Tani, Kelompok Tani, Perkumpulan Petani Pemakai Air, Penyuluh Pertanian, para pemenang lomba ketenagaan dan kelembagaan petani dan pegawai Dinas Pertanian Kota Solok.

Peringatan Hari Tani Nasional di Kota Solok dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Solok yang diwakili oleh Kepala Bidang Penyuluhan, Joni Harnedi.

“Kota Solok yang dijuluki sebagai kota Beras adalah daerah penyumbang produksi padi terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Barat karena memiliki produktivitas 6,5 ton/Ha dan Indeks Pertanaman (IP) 2,38,” ungkap Joni.

Di samping itu, Kota Solok juga memiliki varietas Anak Daro yang merupakan varietas unggul lokal dan telah dipatenkan dengan sertifikat IG (Indikasi Geografis) oleh Kemenkumham RI.

Joni Harnedi melanjutkan, saat ini Indonesia terus mengembangkan sektor pertanian dengan berbagai macam usaha dan inovasi untuk meningkatkan kinerja dan meningkatkan kualitas sektor pertanian dalam negeri.

Selain itu pemerintah juga berupaya melakukan regenerasi petani karena jumlah dan kualitas petani sebagai sumberdaya manusia merupakan faktor utama dalam pembangunan pertanian dengan memunculkan petani milenial.

Acara dilanjutkan dengan pemberian baju lapangan kepada Penyuluh Pertanian Swadaya yang diserahkan oleh Kepala Bidang Penyuluhan secara simbolis kepada Penyuluh Pertanian Swadaya Kelurahan Tanjung Paku, Dahrul.

Pada kesempatan ini juga diumumkan pemenang Gapoktan (gabungan kelompok tani) terbaik adalah Gapoktan Tiga Saudara Kelurahan Tanjung Paku. Sementara itu, Kelompok Tani terbaik diraih Kelompok Wanita Serba Usaha dari Kelurahan Tanah Garam.

Petani Terbaik dinobatkan kepada Herdalina dari Kelurahan Aro IV Korong. Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) terbaik dengan luas lebih dari 50 Hektar disabet P3A Alam Takambang dari Kelurahan Tanah Garam. Sedangkan P3A kurang dari 50 hektar direngkuh P3A Ampang Batu Kelurahan Nan Balimo.

Selanjutnya Kelompok Tani Pelaksana Jajar Legowo Terbaik I dinobatkan kepada Kelompok Tani Sarang Alang dari Kelurahan Laing, Kelompok Tani Pelaksana Jajar Legowo Terbaik II adalah Kelompok Tani Harapan Jaya dari Kelurahan Nan Balimo. BPP Terbaik jatuh ke BPP Kecamatan Tanjung Harapan dan Penyuluh Terbaik disematkan kepada Rahmad Yendi. (fa)

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.