Hasilkan Produk IKM yang Bermutu, DPKUKM Gelar Bimtek GMP

Hasilkan Produk IKM yang Bermutu, DPKUKM Gelar Bimtek GMP

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) adakan Bimbinhan Teknis Good Manufacturing Practices (GMP) yang dilaksanakan pada tanggal 10 s.d 11 November 2021 berlangsung di aula Mami Hotel, Rabu (10/11).

Kegiatan ini di buka oleh Plt. Kepala Dinas, Hanif dengan didampingi oleh Kepala Bidang Koperasi Industri dan UKM, Budi Kurniawan serta Kasi Perindustrian, Yenni Permata Sari sebagai Penyelengara kegiatan. Acara ini menghadirkan 20 orang IKM Kota Solok.  

Plt. Kepala Dinas menyampaikan, “Saya berharap produk IKM kita bisa memenuhi pasar dan bukannya produk impor dari maka itu kita harus mengetahui tahapan proses dalam meningkatkan kualitas produk kita agar bisa bersaing dan juga bagi peserta yang mengikuti kegiatan GMP ini bisa menyampaikan kepada masyarakat lain yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan ini, ” ujar Hanif.

Narasumber berasal dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Aria Bogorianti Asgul, S.Si, Apt dan Dilla S.Si Apt M. Biomed. Sementara itu Good Manufacturing Practices sendiri adalah suatu pedoman cara memproduksi pangan yang baik dengan tujuan agar produsen menghasilkan produk yang bermutu sesuai tuntutan konsumen, yang berarti produk tersebut terjamin mutunya dan aman dikonsumsi.

Ruang lingkup kegiatan Good Manufacturing Practice (GMP) meliputi, lokasi, bangunan, fasilitas sanitasi, mesin dan peralatan, bahan, pengawasan proses, produk akhir, laboratorium, karyawan, pengemas, label dan keterangan produk, penyimpanan, pemeliharaan dan program sanitasi, pengangkutan, dokumentasi dan pencatatan, pelatihan, penarikan produk dan pelaksanaan pedoman.

Tujuan acara ini untuk mengenalkan kepada pelaku IKM khususnya di Kota Solok  agar dalam memproduksi  produk sesuai dengan standar dan tata cara yang benar sehingga luaran berupa produk tersebut bisa memperluas pangsa pasar yang lebih besar dan bisa menenbus pasar global.

Sementara itu Kabid Koperasi Perindustrian dan UKM mengatakan, “GMP merupakan suatu pedoman kerja yang menjelaskan bagaimana memproduksi dan menyediakan makanan yang aman dan layak bagi konsumen, memberikan informasi yang jelas dan mudah dimengerti kepada masyarakat untuk melindungi makanan terhadap kontaminasi dan kerusakan serta mempertahankan atau meningkatkan kepercayaan masyarakat luas terhadap makanan yang diproduksi,” sampai Budi.

Salah satu peserta yang mengikuti kegiatan ini, Mimi berujar, “Saya sangat mendukung langkah yang telah dilakukan oleh Pemko Solok terhadap pelaku IKM Kota Solok agar produk kita bisa bersaing dipasaran, saya juga berharap dengan adanya bimbingan ini membawa banyak manfaat sehingga menuju keberhasilan semua IKM.” (ro)

Tags: , , , ,