Hendra “Si Peternak Kambing” Menuju Pemuda Pelopor

Hendra “Si Peternak Kambing” Menuju Pemuda Pelopor

Solok, (InfoPublikSolok) – Tim Penilai Pemuda Pelopor dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan penilaian terhadap tokoh pemuda pelopor di Kota Solok.

Tim penilai yang berjumlah tujuh orang tersebut bermaksud menilai kegiatan usaha budidaya ternak kambing perah yang dipelopori oleh Hendra Saputra, seorang pemuda tamatan SMA berasal dari Galanggang Batuang Kelurahan Nan Balimo berhasil membudidayakan peternakan kambing perah yang dapat memproduksi susu kambing untuk diolah menjadi beraneka ragam produk yang bernilai tinggi.

“Pada awalnya usaha saya ini masih kurang mendapat respon dari masyarakat, apalagi sebagian pemuda masih menganggap beternak kambing itu tidak bagus prospeknya. Namun dari kegigihan dan semangat pantang menyerah semua pikiran negatif itu semakin berkurang malahan banyak masyarakat maupun pemuda mulai belajar cara beternak kambing perah ini,” kata Hendra saat presentasinya dihadapan tim penilai bertempat di ruangan kerja Kadispora Kota Solok, GOR Tanjung Paku, Senin (8/7).

Hendra melanjutkan, salah satu olahan dari susu kambing adalah produk kue brownies yang banyak digemari oleh masyarakat. “Dari segi harga jualnya pun sangat bagus dibanding produk brwonies yang lain,” ujarnya.

“Saat ini saya sudah berhasil membudidayakan peternakan kambing perah ini dengan total 70 ekor dari awalnya beberapa ekor saja. Disini saya juga sudah melakukan semacam kerjasama dengan pemuda yang putus sekolah agar mendapatkan usaha yang layak dan memiliki prospek yang cerah,” tambahnya.

Setelah presentasi singkat tersebut, salah satu tim penilai mengaku cukup puas dengan penjelasan yang diberikan. “Ini merupakan sebuah terobosan dan inovasi baru yang layak untuk diangkat. Mudah-mudahan Hendra masuk nominasi nantinya sebagai pemuda pelopor tingkat provinsi”


Selanjutnya, tim penilai melakukan peninjauan langsung ke tempat usaha peternakan Hendra Saputra di Galanggang Batuang didampingi Sekretaris Dispora Mursal dan Kasi Kepemudaan dan Kepeloporan, Ochtavia Sulastri.  (ep)

Tags: , ,