Hindari Penyebaran Covid-19, Menkominfo: Kurban Online Jadi Salah Satu Solusi

Hindari Penyebaran Covid-19, Menkominfo: Kurban Online Jadi Salah Satu Solusi

Jakarta, (InfoPublikSolok) – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pelaksanaan kurban secara online menjadi salah satu solusi ibadah Hari Raya Iduladha di tengah pandemi. Menkominfo juga menjelaskan hal itu menjadi salah satu upaya mematuhi protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19.

“Agama mengajarkan kemudahan dalam beribadah. Dalam kurban, jika tak bisa melakukannya sendiri, seorang muslim dapat mewakilkannya ke orang lain, termasuk secara online. Jadi, qurban online adalah salah satu solusi saat pandemi covid-19,” ujarnya dalam acara Pemotongan Hewan Kurban Keluarga Besar Kementerian Kominfo secara virtual, dari Jakarta, Rabu (21/07/2021).

Menurut Menteri Johnny penerapan protokol kesehatan secara ketat perlu diterapkan karena Covid-19 varian Delta sudah berkembang dan ada di Indonesia.

“Kita masih masuk dalam situasi kegentingan, kegawatan pandemi Covid-19. Karenanya protokol kesehatan mutlak dan sangat imperatif untuk kita lakukan dengan tertib. Bahkan WHO sendiri mengingatkan potensi varian baru yang lebih dahsyat yang bisa saja menjadi gelombang ketiga serangan Covid-19 di dunia dan tentu berdampak pada Indonesia,” jelasnya.

Menkominfo menyatakan Presiden Joko WIdodo telah mengingatkan agar setiap elemen bangsa dapat bekerja sama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. “Bapak Presiden juga sudah mengingatkan agar kerja sama kita sekalian, pemerintah, ASN dan masyarakat menjadi begitu penting dan strategis, sinergi itu akan menentukan cepat, lambat dan suksesnya kita memutus rantai Covid-19,” tuturnya.

Menurut Menteri Johnny pemotongan dan penyerahan daging kurban kali ini dilaksanakan sesuai Surat Edaran Menteri Agama yang berkaitan dengan Perayaan Iduladha 1442 Hijriyah. “Tentu ini kita lakukan agar kita mengambil bagian yang aktif dan memutus rantai sebaran Covid-19,” tandasnya.

Menkominfo memaparkan pemotongan kurban dalam peringatan Hari Raya Iduladha yang dilakukan over the top seperti market place dan lembaga keagamaan secara online, perlu didukung oleh jaringan telekomunikasi dengan quality of service yang baik.

“Penyerahan hewan kurban dalam rangka Iduladha 1442 H ini, harus memperhatikan protokol kesehatan yang ketat,” tegasnya kembali seraya menyatakan hal itu juga tertuang dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 36 Tahun 2020 tentang Shalat Idul adha dan Penyembelihan Hewan Qurban saat Wabah Covid-19.

Perlindungan Sosial

Dalam acara itu, Menteri Johnny menyatakan pandemi Covid-19 berdampak kepada masyarakat, khususnya bagi keluarga rentan di Indonesia. Oleh karena itu, Pemerintah mengambil peran aktif melalui program perlindungan sosial.

“Ini memberikan dukungan bagi keluarga-keluarga, bagi rakyat, bagi masyarakat yang sangat rentan, khususnya di sektor ekonomi dalam kehidupannya sehari-hari selama masa pandemi ini,” tandasnya.

Menkominfo menegaskan, berbagai program perlindungan sosial telah dialokasikan dari APBN agar dapat dilakukan dan dilaksanakan tepat waktu, tepat tempat dan tepat orang bagi yang berhak mendapatkannya. Bahkan Menteri Johnny mengajak keluarga besar Kementerian Kominfo dengan segala keterbatasannya, turut mengambil bagian dalam sektor esensial, bahkan sektor-sektror yang sangat penting untuk terus dilakukan sehingga membantu masyarakat menjadi lebih kuat menghadapi pandemi Covid-19.

“Tugas kita sekalian memberi perlindungan sosial yang tepat dan membantu perlindungan sosial agar lancar sampai ke pihak dan tangan yang membutuhkannya,” tandasnya.

Kementerian Kominfo memiliki komitmen yang kuat dalam membantu pelaksanaan program dan kebijakan penanganan pandemi Covid-19 dapat dilaksanakan, dan bahu membahu bersama masyarakat, sehingga Indonesia dapat mengakhiri wabah Covid-19 dengan cepat.

“Tentu sumbangsih terbesar yang bisa kita lakukan setidak-tidaknya dengan tidak menciptakan dan meneruskan hoaks, dan kalau bisa yang menjadi tugas kita sekalian mengakhiri, membersihkan hoaks dari ruang-ruang digital yang menjadi arena tugas, pokok, dan fungsi Kominfo,” ungkap Menkominfo.

Sekretaris Balitbang SDM Kementerian Kominfo yang juga Ketua Panitia Kurban Hari Raya Idul Adha 1442 H, Haryati menyatakan, pemotongan kurban dari keluarga besar dan mitra Kementerian Kominfo berlangsung di Rumah Pemotongan Hewan Ruminansia, Bintara, Bekasi.

Panitia menerima 14 ekor sapi yang disumbangkan Menkominfo Johnny G. Plate, Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika.

Kemudian, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Badan Pelatihan dan Pengembangan SDM, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), serta mitra terkait yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI) Pusat, Go-Jek, Telkomsel, Bank Syariah Indonesia (BSI) Sudirman, dan BSI Bintaro. (eg)

Tags: ,