[HOAKS] Program Bantuan Pemerintah Sebesar 275 Triliun Mengatasnamakan BP2MI

[HOAKS] Program Bantuan Pemerintah Sebesar 275 Triliun Mengatasnamakan BP2MI

Penjelasan :

Beredar melalui akun Facebook yang mengatasnamakan BP2MI sebuah informasi yang menyebutkan bahwa BP2MI bersama Kementerian BUMN dan Pemerintah Uni Emirat Arab serta Pemerintah Hong Kong telah menyepakati program bantuan pemerintah sebesar 275 Triliun Rupiah yang akan dibagikan kepada para TKI dan TKW yang berada di negara tersebut. Pada informasi yang beredar itu disertakan nomor Whatsapp staf pengurusan keuangan. 

Setelah ditelusuri, melalui akun Instagram resmi-nya BP2MI mengklarifikasi bahwa informasi yang beredar tersebut tidak benar dan akun yang mengatasnamakan BP2MI tersebut merupakan akun palsu. Menanggapi hal itu, Biro Hukum dan Humas Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) telah melaporkan akun dan website penipuan yang mengatasnamakan BP2MI ke Kepolisian serta Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk segera ditindak lanjuti, sebab banyak Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang telah dirugikan dan menjadi korban penipuan dari akun tersebut. Kepala Biro Hukum dan Humas, Sukmo Yuwono berpesan kepada masyarakat khususnya para PMI untuk tidak mudah percaya terhadap hal-hal yang tidak jelas sumbernya. Ia menyampaikan jika informasi tersebut dari BP2MI, pastikan sumbernya dari website resmi BP2MI yaituwww.bp2mi.go.id atau akun media sosial BP2MI yang resmi dan bercentang biru.

KATEGORI: HOAKS

Link Counter:

https://www.instagram.com/p/CC0HByFH_-L/?igshid=zp4fi8jqgt2v

https://bp2mi.go.id/berita-detail/terima-aduan-terkait-cyber-crime-bp2mi-laporkan-akun-dan-website-penipuan-ke-kepolisian-dan-kominfo

Sumber: www.kominfo.go.id

Tags: , , ,