Hujan Badai Akibatkan 2 Rumah Tertimpa Pohon

Hujan Badai Akibatkan 2 Rumah  Tertimpa Pohon

Solok, (InfoPublikSolok) – Pasca hujan lebat disertai badai yang melanda Kota Solok pada hari Kamis, 17 Oktober 2019  pukul 5 sore dan  mengakibatkan terjadinya  pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Kelurahan IX Korong Kota Solok.

Menindaklanjuti kejadian itu dan setelah melakukan koordinasi serta kunjungan lokasi, Dinas Sosial Kota Solok mengantarkan bantuan logistik ke keluarga korban akibat pohon tumbang tersebut a.n Tawina dan Dodi (18/10/2019). Pada kesempatan ini bantuan diantarkan langsung oleh Kepala Dinas Sosial  Rosavella, Kabid Bantuan Kesejahteraan Sosial Rosmiati, Kasi Bantuan Sosial Nemi Satrina serta Kasi Rehabilitasi Sosial Rahmad Budi Setiawan dan  staf  Dinsos.

Rosmiati menjelaskan,  ” Akibat hujan lebat disertai badai membuat beberapa rumah terkena bencana, sampai hari ini baru ada 2 laporan bencana rumah rusak akibat tertimpa pohon. Setelah kami survey rumah tersebut rusak ringan pada rumah Tawina yaitu seng samping kiri belakang yang penyot akibat tertimpa pohon rambutan serta rumah Dodi yang atapnya bagian tengah atas renggang dan lepas yang mengakibatkan air masuk kedalam rumah serta membasahi isi dalam rumah seperti kasur dan lainnya, ” jelas Kabid BKS.

Kasi Bansos menyebutkan, ” Pihak Dinsos akan selalu siap menerima laporan bencana serta memberikan bantuan tanggap darurat bencana bagi warga. Bantuan tersebut diberikan berupa kasur, selimut, matras peralatan dapur, terpal dan bahan makanan siap saji. Bantuan ini diberikan sesuai dengan ketersediaan stok barang  di gudang logistik bencana sosial, ” tambah Nemi Satrina.

” Kepada keluarga yang tertimpa pohon kami dari Dinas Sosial mengucapkan turut berduka. Untuk bantuan perbaikan bisa membuat surat permohonan yang telah kami kirim ke Lurah IX Korong. Bantuan ini akan kami coba ajukan ke Pemko mengingat anggaran bantuan rumah tidak layak huni akibat bencana pada Dinsos sudah habis dikarenakan banyak terjadi bencana dari Januari 2019 hingga sampai saat ini, ” terang  Rosavella saat penyerahan bantuan.

Kadis Sosial juga mengimbau warga akibat curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir di Kota Solok membuat  kita perlu meningkatkan kewaspadaan terutama masyarakat yang tinggal di lokasi yang rawan bencana. (ra)

Tags: , , , , ,