HUT RI ke-77: Pemko Solok Ikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Negara Secara Virtual

HUT RI ke-77: Pemko Solok Ikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Negara Secara Virtual

Solok, (InfoPublikSolok) – Setelah pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Lapangan Merdeka Kota Solok, Walikota Solok, Zul Elfian Umar didampingi Wakil Walikota, Ramadhani Kirana Putra beserta Forkompinda Kota Solok secara virtual dari Balai Kota Solok mengikuti upacara detik-detik proklamasi yang dipimpin Presiden RI, Joko Widodo dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Wali Kota dan Wakil Wali Kota hadir didampingi oleh Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma, SH, Kapolres Solok Kota AKBP Ahmad Fadilan, Dandim 0309/Solok Letkol Arm Hendrik Setiawan, Kajari Solok Feni Nilasari, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Solok, Raden Danang Noor Kusumo, SH, MH.

Dari Istana Negara, Presiden Joko Widodo, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin memakai baju adat Provinsi Banten. Bertindak sebagai Komandan Upacara Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia.

Sebelum upacara dimulai, dilakukan kirab budaya yang merupakan prosesi arak-arakan untuk membawa duplikat bendera pusaka sang merah putih dan naskah teks proklamasi dari tempat penyimpanan di Ruang Kemerdekaan yang berada di Cawan Monas menuju Istana Merdeka.

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi diawali laporan komandan upacara kepada Inspektur upacara Presiden RI Joko Widodo dilanjutkan dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali, diikuti bunyi sirine selama satu menit.

Upacara dilanjutkan dengan pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mattalitti. Setelah itu mengheningkan cipta dipimpin Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo, dan dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Setelah itu dilanjutkan dengan prosesi pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang dibawakan oleh putra-putri terbaik bangsa Indonesia yang terdiri dari 34 provinsi.

Peringatan Hari Ulang Tahun ke 77 kemerdekaan Republik Indonesia mengangkat tema pulih lebih cepat bangkit lebih kuat. Sebelumnya pada pidato kenegaraan yang disampaikan Presiden Republik Indonesia, pada sidang tahunan MPR RI pada tanggal 16 Agustus 2022, mengatakan, dalam menghadapi Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, bangsa Indonesia telah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh. Masyarakat dusun, masyarakat kampung saling melindungi dan saling berbagi. Ulama, tokoh agama, dan tokoh adat, aktif mendampingi masyarakat.

Tenaga kesehatan, TNI, dan Polri, jajaran birokrasi dan organisasi sosial keagamaan saling bersinergi bersama-sama, bergotong royong bersama-sama bergerak cepat membantu masyarakat. Lembaga-lembaga negara juga mendukung pemerintah dalam menghadapi ketidakpastian ini.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Solok menggelar Upacara Bendera peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 Tahun 2022 di Lapangan Merdeka Kota Solok tepat pada pukul 07.45 WIB.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Wali Kota Solok Zul Elfian Umar, SH, M.Si. Turut hadir Wakil Wali Kota Solok Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, Ketua DPRD Hj. Nurnisma, Forkopimda Kota Solok, ASN, TNI, Polri, Pramuka, serta perwakilan pelajar se-Kota Solok.

Prosesi pengibaran bendera merah putih dilaksanakan dengan lancar dan sukses oleh siswa SLTA yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). (mn)

Tags: , ,