Identifikasi Penyebaran Covid-19, Dinas Kesehatan Kota Solok Adakan Pooltest

Identifikasi Penyebaran Covid-19, Dinas Kesehatan Kota Solok Adakan Pooltest

Solok, (InfoPublikSolok) – Salah satu upaya untuk mengetahui tingkat penyebaran virus covid-19 di Kota Solok, adalah dengan melakukan pooltest. Hal ini didasari melihat kondisi secara umum dimana penyebaran cendrung berada pada tingkat komunitas dengan jumlah penduduk yang relatif besar.

Pooltest atau Dorfman testing merupakan metode pemeriksaan kelompok, dimana sampel individual digabung ke dalam satu pool sampel, untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan terhadap pool tersebut. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi populasi atau individu yang terinfeksi dalam waktu singkat, efektif dan efisien.

Pelaksanaan pooltest tersebut dilaksananakan melalui kajian dari Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi (PDRPI) Fakultas Kedokteran Unand bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Kajian ini dilakukan dengan metode survei di setiap daerah sehingga dapat dipastikan angka kasus positif Covid-19 di setiap daerah secara akurat.

Tujuan pelaksanaan pooltest yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan adalah untuk mengidentifikasi penyebaran Covid-19 di Kota Solok dan mengetahui individu yang terinfeksi di sehingga tracing bisa dilakukan lebih cepat oleh petugas surveilans puaskesmas.

Pooltest dilaksanakan pada 13 Kelurahan yang ada di Kota Solok, dengan total sampel sebanyak 1.462 orang. Kriteria sampel yang diambil adalah masyarakat non ASN, berusia 40 tahun keatas dan diutamakan tokoh masyarakat, perangkat kelurahan (RT/RW), Satgas Covid-19 di Kelurahan, warga yang mempunyai penyakit penyerta (Komorbid) seperti diabetes melitus, hipertensi, jantung, paru-paru dan ginjal serta pengurus Masjid atau Musholla.

Untuk pelaksanaan pengambilan swab pada pooltest ini, Dinas Kesehatan menugaskan 6 orang petugas labor dan 5 orang petugas surveilans. Dalam satu hari diperkirakan petugas dapat melakukan tes terhadap 200 sampai 300 sampel.

“Kegiatan pooltest tersebut dimulai pada Senin (3/8/2020), dengan wilayah tes di Kelurahan Tanah Garam dan diperkirakan akan selesai pada pertengahan Agustus, oleh sebab itu dibutuhkan kerjasama yang baik antara lintas sektor dalam hal edukasi dan sosialisasi pelaksanaan pootest tersebut” ungkap Dessy Syafril, selaku Plt Dinas Kesehatan Kota Solok. (es)

Tags: , , , , , , , , , , ,