Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

5 Desember 2023

Implementasikan P5, SMPN 5 Gelar Prosesi Bakureh dan Arak Bako

Implementasikan P5, SMPN 5 Gelar Prosesi Bakureh dan Arak Bako

Solok, (Info Publik Solok) – Dalam rangka memeriahkan rangkaian kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema P5 Kearifan Lokal, SMPN 5 Kota Solok gelar kegiatan Bakureh dan Prosesi Arak Bako yang sangat memukau, Sabtu (18/11)

Sejak kemarin telah tampak keriuhan suasana dimulai dengan kegiatan Bakureh, Siswa-siswi bergabung dalam proses memasak Samba Nan Ampek, termasuk hidangan khas seperti Rendang, Gulai cubadak, Gulai buncih dan Pergedel. Kegiatan ini melibatkan seluruh siswa ari kelas VII, Dalam proses memasak tersebut, mereka dibimbing oleh para wali kelas dan penanggungjawab dari masing masing kelas.

Tidak hanya mempersiapan bahan dan alat, Siswa-siswi juga secara bergantian terlibat dalam pekerjaan menghidupkan api serta memasak (mengaduk) rendang sehingga menggambarkan kerjasama dan keterlibatan aktif dalam setiap tahap proses memasak tersebut.

Pada hari kedua kegiatan P5 dimulai dengan persiapan serta pelaksanaan acara Arak Bako. Para siswa dengan semangat mempersiapkan diri di lapangan SMPN 5 Kota Solok. Perjalanan Arak Bako dilakukan dengan melintasi rute yaitu Lubuak Kuali, Baringin Rambak, Karambia terus menuju Jalan Lintas Sumatera dan Puskesmas KTK kemudian finish di SMPN 5 Kota Solok.

Kepala SMPN 5 Kota Solok menyampaikan bahwa, “ Penerapan P5 ini bertujuan untuk mewujudkan siswa yang beriman, bertaqwa, berkarakter, bertanggungjawab, bergotong royong, mandiri, kritis serta kreatif dan tetap melestarikan budaya adat Minangkabau, “ jelas Gustawirna.

Sepanjang perjalanan terlihat para siswa begitu semangat dan kebersamaan ini semakin menambah erat kebersamaan diantara para siswa, sambil menjelajahi keindahan Kota dan warisan budayanya. Acara berakhir dengan penuh keakraban saat seluruh siswa yang terlibat dalam kegiatan P5 dengan menikmati Makan Bajamba buah karya mereka.

Kegiatan P5 SMPN 5 Kota Solok ini tidak hanya menjadi wadah pembelajaran melalui kegiatan praktis, tetapi juga memupuk nilai-nilai kebersamaan serta meningkatkan apresiasi terhadap warisan budaya daerah Kota tercinta. (tvd/c)

Tags: , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan