Inovasi KATAPEL-17, Disdukcapil Kota Solok Laksanakan Perekaman KTP Elektronik di 11 SLTA

Inovasi KATAPEL-17, Disdukcapil Kota Solok Laksanakan Perekaman KTP Elektronik di 11 SLTA

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solok melalui inovasi KATAPEL-17 (Kartu Tanda Penduduk elektronik untuk usia 17 tahun) kembali melakukan perekaman KTP Elektronik pemula ke sekolah-sekolah setara SLTA di Kota Solok.

Pencetakan KTP Elektronik ini dilakukan oleh tim survey Dinas Dukcapil di 11 SLTA di Kota Solok, yaitu SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMKN 1, SMKN 2, SMKN 3, MAN Kota Solok, SMA Muhammadiyah, SMK Muhammadiyah dan SMK Kosgoro.

Sedangkan untuk waktu pelaksanaannya sudah dimulai sejak tanggal 1 Agustus dan akan berakhir pada tanggal 4 Oktober mendatang. Untuk perekaman KTP-el, Disdukcapil Kota Solok dapat melayani siswa Kota Solok dan siswa yang berdomisili di luar Kota Solok, namun untuk pencetakan hanya bisa dilakukan untuk warga Kota Solok saja.

Ada yang berbeda dalam kegiatan jemput bola Dinas Dukcapil kali ini, yaitu batas umur siswa yang melakukan perekaman.

Kegiatan jemput bola ini tidak hanya merekam data anak yang sudah berumur 17 tahun saja, perekaman juga menyasar anak yang sudah berumur 16 tahun yang rata-rata masih duduk di bangku kelas 1 SLTA, KTP Elektronik mereka belum dapat dicetak dan hanya dapat dilakukan perekam data saja.

Hal ini dikarenakan Dukcapil harus mengejar target penginputan data pemilih untuk pemilu tahun 2024. Sedangkan anak-anak yang sudah melakukan perekaman KTP-el pada usia 17 tahun, sudah dapat dilakukan pencetakan KTP-el nya.

Jumlah siswa SLTA yang berhasil direkam sampai hari ini berjumlah 56 orang yang terdiri dari warga Kota Solok dan siswa yang berdomisili di luar Kota Solok. Sedangkan jumlah pencetakan KTP-el adalah sebanyak 20 keping. Jumlah ini akan terus bertambah hingga berakhirnya jadwal jemput bola melalui inovasi KATAPEL-17.

Kegiatan perekaman KTP-el ini juga disertai dengan penyerahan KTP-el yang sudah dicetak bagi siswa SMAN 3 yang telah melakukan perekaman KTP-el pada hari Senin (15/8). Penyerahan dilakukan oleh Kadisdukcapil Kota Solok, Ratnawati, SH. MM dan didampingi oleh Kabid Adminduk Yuyun Fitri, SSTP, MM beserta jajaran ASN Dukcapil Kota Solok.

“Kami berharap, dengan adanya kegiatan jemput bola ke sekolah-sekolah ini, siswa-siswa setara SLTA tidak repot lagi harus datang ke Dinas Dukcapil, dan mereka bisa menggunakan hak pilih untuk yang sudah berusia 17 tahun pada saat Pemilu 2024 mendatang,” terang Kadis kepada seluruh jajaran perangkat sekolah dan siswa SMA 3 Solok, Selasa (16/8).

Harapan Kadisdukcapil tersebut mewakili harapan Pemerintah Kota Solok, dimana masyarakat akan mendapatkan kemudahan dalam kepemilikan dokumen kependudukan. Karena dokumen kependudukan merupakan hak penduduk yang akan dijadikan dasar dalam semua bentuk pelayanan, baik itu layanan sosial, pendidikan maupun kesehatan. (am)