Inspektorat Kota Solok Raih Level 3 Pada Penilaian Kapabiltas APIP

Inspektorat Kota Solok Raih Level 3 Pada Penilaian Kapabiltas APIP

Solok, (InfoPublikSolok) – Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra, menerima sertifikat hasil quality assurance atas penilaian kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Level 3 yang diserahkan langsung oleh Kepala BPKP Perwakilan Sumatera Barat bertempat di Aula Bappeda Kota Solok, Rabu (10/03/2021).

Acara yang dihadiri oleh Kepala BPKP Perwakilan Sumatera Barat beserta rombongan dan seluruh kepala OPD se-Kota Solok ini dibuka pada jam 09.00 WIB dengan agenda tidak hanya penyerahan sertifikat penilaian kapabilitas APIP level 3, namun juga dilaksanakan sosialisasi manajemen resiko yang disampaikan langsung oleh Kepala BPKP Perwakilan Sumatera Barat, Buyung Wiromo Samudro.

Walikota Solok dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Solok mengatakan “Melalui kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih pada Bapak Kepala BPKP Perwakilan Sumatera Barat yang telah memfasilitasi APIP Kota Solok untuk dinilai oleh BPKP Pusat sehingga bisa naik level 3,” sampai Sekda.

“Ini mencerminkan telah adanya peningkatan kompetensi APIP dalam pemeriksaan regular, reviu, pemeriksaan khusus, saber pungli, gratifikasi, LKHPN maupun zona integritas,” lanjut Syaiful A.

“Dengan adanya peningkatan level APIP menjadi level 3 ini menandakan bahwa kita benar-benar serius dalam memberdayakan pangawasan yang merupakan salah satu dari  fungsi-fungsi manajemen yang ada, disamping untuk peningkatan kapabilitas APIP, juga harus dimaknai bahwa peran APIP ke depan lebih sebagai fungsi consulting terutama dalam hal pengadaan barang dan jasa pemerintah yang berbasis resiko,” jelas Sekda dalam paparannya.

Dalam kesempatan ini pun, Sekretaris Daerah Kota Solok meminta komitmen dari seluruh peserta untuk mengikuti acara dengan baik untuk dapat memahami substansi sehingga tercipta pemerintahan yang baik berdasarkan etika pelayanan dan integritas yang tinggi.

Dalam sambutannya, kepala BPKP Perwakilan Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro,  memberikan apresiasi terhadap pencapaian APIP Kota Solok ini.

“Apresiasi yang tinggi terkait maturitas SPIP Kota Solok telah mendapat level 3. Ini sudah sangat jauh meningkat dibanding 10 tahun yang lalu.  Selamat.”, ucapnya disambut tepuk tangan dari seluruh yang hadir.

Sementara itu, Inspektur Kota Solok, Kenfilka, sebagai Ketua Panitia Acara menyampaikan bahwa APIP Kota Solok ke depannya akan terus konsisten dan berkomitmen memenuhi amanat Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Pemerintahan Daerah di mana salah satunya adalah amanat Pemerintah Daerah wajib menindaklanjuti hasil pengawasan yang dilakukan oleh eksternal maupun APIP, serta perubahan paradigma tugas APIP yang lebih condong ke arah pembinaan terhadap pelaksanaan pemerintahan.

Pada akhir acara, Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra, berkesempatan hadir untuk menerima secara langsung sertifikat hasil quality assurance dari Kepala BPKP Perwakilan Sumatera Barat secara langsung. (td)

Tags: , , , , ,