IRTP Miliki Peranan Penting Dalam Sistem Keamanan Pangan di Indonesia

IRTP Miliki Peranan Penting Dalam Sistem Keamanan Pangan di Indonesia

Solok,(Info Publik Solok) – Dinas kesehatan adakan pelatihan penyuluh  keamanan pangan (PKP) pertama, Sabtu hingga Senin (27 – 29/11/21) di Hotel GrandZuri Padang. Acara ini dihadiri oleh Kabid PPSDK dr.Hiddayaturrahmi, M.Kes, Kasi SDK Wendri Herman,SKM.MKM. Adapun peserta  di acara ini yakni Petugas Pengawas Pangan District Food Inspectur (DFI) 20 orang dan Petugas Pengawas Pangan Penyuluh Keamanan Pangan (PKP) 20 orang.

Dalam sambutannya dr.Hiddayaturrahmi, M.Kes mengatakan, “Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) memiliki peranan penting dalam sistem keamanan pangan di Indonesia. Di samping itu juga, pada umumnya IRTP merupakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan jumlah yang cukup besar yang tersebar di seluruh Indonesia, ” ujar Kabid.

“Berdasarkan hal tersebut, maka Pemerintah Kota Solok perlu memberikan perhatian prioritas terhadap pengembangan, pembinaan dan pengawasan pada IRTP tersebut, baik dalam aspek managemen usaha, peningkatan kompetensi SDM, peningkatan kapasitas produksi, keamanan dan mutu produk yang dihasilkan sampai dengan pemasaran/penetrasi pasar. Hal tersebut dilakukan agar produk Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) dapat bersaing di pasar modern baik pasar domestik maupun internasional, ” tambah Hiddayaturrahmi.

Dalam rangka mengoptimalkan pengawasan obat dan makanan diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang terampil dan cakap dibidangnya sehingga peningkatan kompetensi dan kualitas SDM Kesehatan sangat penting dilakukan melalui pelatihan petugas pengawas pangan (PKP atau DFI) agar kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

Peningkatan Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan, menjadi acuan untuk mendorong Pemerintah Daerah Kota Solok untuk melaksanakan pengawasan IRTP sesuai dengan kebijakan regulasi standard pedoman cara produksi pangan yang baik dan telah ditetapkan oleh BPOM dan melaporkan hasil pengawasan melalui sitem database yang dikembangkan oleh BPOM (Smartpom).

Tentu kita semua berharap sasaran atau target  yang ingin dicapai dalam pengadaan ini adalah terpenuhinya Peningkatan Kompetensi Petugas Pengawas Pangan DFI (District Food Inspectur) di Kota Solok dan tersedianya Petugas Penyuluh Keamanan Pangan (PKP) di Kota Solok. (es)

Tags: ,