Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Isu Keamanan Pangan Merupakan Hal Penting Bagi Masyarakat

Isu Keamanan Pangan Merupakan Hal Penting Bagi Masyarakat

Solok, (Info Publik Solok) – Dinas Pangan Provinsi Sumbar melaksanakan Sosialisasi/ Edukasi dan Promosi Keamanan Pangan di Kota Solok pada Selasa (10/10) yang bertempat di Akmal Room Bappeda Kota Solok.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten II Setda, Dinas Pangan Provinsi beserta rombongan, Dinas Peternakan dan Keswan Provinsi Sumbar, Ketua Bidang II TP-PKK Kota Solok serta Kepala Dinas Pangan Kota Solok dan jajaran. Acara ini menghadirkan 50 orang peserta yang berasal dari Dasawisma, Kelompok Tani dan Kelompok Wanita Tani serta Pokja III TP-PKK Kecamatan dan Kelurahan se Kota Solok.

Acara Sosialisasi ini dibuka oleh Jefrizal,S.Pt, MT, dalam sambutannya menyampaikan bahwa “ Keberhasilan dalam proses pembentukan sumberdaya manusia diantaranya ditentukan oleh keberhasilan memenuhi kecukupan pangan dan perbaikan pola konsumsi pangan. Perbaikan pola konsumsi melalui penganekaragaman pangan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan membudayakan pola konsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) guna menunjang hidup sehat, aktif dan produktif, “ jelas Asisten II.

??????

“ Stunting dan tumbuh kembang anak saat ini sangat berkaitan erat dengan asupan makanan bergizi seimbang yang disediakan oleh orang tua untuk dikonsumsi yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan yang terjamin keamanannya,” tambahnya.

Sementara itu Ketua pelaksana Derry Swasti, SP, menyampaikan bahwa ”Isu Keamanan Pangan saat ini merupakan isu penting yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat banyak. Sehingga perlu dilakukan sosialisasi atau edukasi dan promosi keamanan pangan di tengah masyarakat.” sampai Kepala Bidang Keamanan Pangan Dinas Pangan Provinsi Sumbar ini.

Narasumber pada sesi pertama yaitu Ade Kurniati, S.Pt dari Dinas Pangan Kota Solok dengan materi “Kegiatan Keamanan Pangan di Kota Solok”. Untuk Narasumber kedua yaitu Drh. Afri Musweri dari Dinas Peternakan dan Keswan Provinsi Sumbar dengan materi “Aspek Kaidah Keamanan Pangan Asal Hewan” dan Ibu Rida Syaiful dari TP-PKK Kota Solok dengan materi “Peran PKK dalam mewujudkan keluarga sehat dengan pangan yang aman”.

“Dengan adanya Sosialisasi ini, kami berharap masyarakat Kota Solok mempunyai pengetahuan akan makanan yang aman dan sehat serta memahami tentang pemilihan bahan baku pangan yang berkualitas, pengetahuan tentang nilai gizi suatu bahan pangan dan penyimpanan makanan yang baik, ” pungkas Kadis Dinas Pangan Kota Solok. (fas/c)

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.