Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

3 Maret 2024

Jaga Stabilitas Harga Pangan, Pemko Gelar Operasi Pasar

Jaga Stabilitas Harga Pangan, Pemko Gelar Operasi Pasar

Solok, (Info Publik Solok) – Pemerintah terus berupaya menjaga stabilitas harga pangan dan memastikan ketersediaan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Berbagai kebijakan yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat, salah satunya yang diterapkan Pemerintah yaitu Operasi Pasar, Rabu (29/03).

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari Undang Undang No.18 tahun 2012 tentang pangan pada Bab V poin 2 yang berbunyi “ Dalam mewujudkan keterjangkauan pangan, Pemerintah dan Pemerintah daerah melaksanakan kebijakan Pemerintah dibidang distribusi, pemasaran, perdagangan, stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok dan bantuan pangan pokok. Berdasarkan hal tersebut, Kegiatan ini bertujuan untuk stabilisasi harga pangan yang didukung oleh Toko Tani Indonesia (TTIC) Center Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat dan Perum Bulog Cabang Solok.

Operasi Pasar merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Solok melalui Dinas terkait dalam memastikan ketersediaan bahan pangan pokok bagi masyarakat dengan harga yang terjangkau.

Kepala Dinas Pangan Kota Solok ikut meninjau langsung pelaksanaan Operasi Pasar. Menurut Ir. H. Ikhvan Marosa, “Kegiatan seperti ini akan terus dikembangkan untuk sepuluh komoditas pangan, dengan tujuan untuk stabilisasi harga dan membantu masyarakat kita khususnya Kota Solok,” jelas Kadis.

Ir.Efrizal Hasdi selaku Sekretaris Dinas Pangan juga menyampaikan, “Operasi Pasar akan dilakukan selama harga komoditas pangan khususnya 10 bahan pokok menimbulkan keresahan dimasyarakat, dan tujuannya bukan menjatuhkan harga di pasaran. Selama ini kita tetap kerjasama dengan Bulog Cabang Solok, untuk komoditas gula, minyak goreng, beras, telur dan daging dengan harga dibawah pasaran,” tambah Efrizal.

Pelaksanaan Operasi Pasar (OP) di Istiqlal Park berlangsung dari pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB. Komoditi yang disediakan yaitu Beras Bulog seharga 9.000/Kg, Minyak Goreng Rp. 16.750,-/Liter, Gula Pasir Rp. 14.000,-/Kg, Cabe Merah Rp. 30.000,-/Kg, Telur Rp. 1.800,-/Butir dan Bawang Merah Rp. 24.000,-/Kg serta Bawang Putih Rp. 30.000,-/Kg.

Tampak masyarakat cukup antusias dalam membeli bahan pangan pokok yang terjangkau dan berkualitas. Kedepannya pemerintah akan lebih tanggap terhadap fluktuasi harga pangan pokok, dengan turun langsung untuk stabilisasi harga, sehingga gejolak harga yang tinggi tidak sampai terjadi. (fas)

Tags: , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.