Jalan Sehat Dalam Rangka Bulan Bhakti Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Jalan Sehat Dalam Rangka Bulan Bhakti Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Solok, (InfoPublikSolok) – Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Solok (DPM-PTSP) menyelenggarakan kegiatan jalan sehat dalam rangka memperingati bulan bhakti Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang dilaksanakan di depan Kampus UMMY Solok pada hari Minggu (31/3/2019) pagi.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Solok, Rusdianto, yang disaksikan oleh Forkopimda, unsur Pimpinan Bank BTN, Bank Nagari serta beberapa perusahaan yang ikut berpartisipasi dalam menyukseskan acara Bulan Bhakti K3.

Kegiatan jalan sehat ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi semua lapisan masyarakat dalam membudayakan keselamatan dan kesehatan kerja dalam bekerja maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam hal ini Sekda Kota Solok menghimbau masyarakat yang berpartisipasi mengikuti jalan sehat K3 ini agar dapat mewujudkan kemandirian masyarakat indonesia berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

“Melalui kegiatan ini pula kami mengajak agar para pimpinan perusahaan dan pekerja untuk bersatu padu bersama pemerintah dan masyarakat luas untuk terus menerus berusaha mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan melaksanakan budaya K3 di seluruh level kehidupan masyarakat kita,” tutur Sekda.

“Kemudian yang tidak kalah pentingnya kondisi di lingkungan perusahaan juga harus memenuhi syarat kerja agar kecelakaan kerja dapat terhindari. Serta kepada semua stakeholder dan kepada seluruh masyarakat agar dapat bergerak dan bertindak serta menjadikan program “Saya Pilih Selamat” menjadi satu upaya dalam mewujudkan budaya K3,” sambung Sekda.

Ikon “Saya Pilih Selamat” tersebut merupakan ikon budaya K3 yang dicanangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan pada upacara peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional pada tanggal 15 Januari 2019. Diharapkan ikon ini dapat didengungkan setiap hari agar memotivasi siapapun dalam berperilaku selamat dengan menerapkan Sistem Management Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).

“Melalui kegiatan Jalan Sehat K3 pada hari ini mudah-mudahan dapat dijadikan salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja K3 ditempat kerja, untuk itu mari kita budayakan K3 di segala lini kehidupan sekaligus kita jadikan momen untuk memupuk jiwa dan kondisi tubuh kita agar senantiasa selamat dan sehat,” tutup Sekda mengakhiri sambutannya.

Selain jalan santai, juga diadakan pengundian dan pembagian doorprize kepada peserta jalan sehat K3 serta sosialisasi kepada masyarakat agar tidak golput pada saat Pemilu 2019 yang dilakukan oleh KPU Kota Solok. (gp)