Jamaah Haji Batal Berangkat 2020 dan 2021 Prioritas Berangkat Haji pada 2022

Jamaah Haji Batal Berangkat 2020 dan 2021 Prioritas Berangkat Haji pada 2022

Solok, (InfoPublikSolok) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Solok, H. Rabamis mengatakan, keluarnya Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/ 2021 M sesuatu yang tidak diinginkan.

Keputusan Menteri Agama ini lahir dengan kajian mendetail terhadap kesehatan dan keselamatan jamaah di tanah suci, dari kemungkinan terpapar virus Covid-19.

Plh. Kakan Kemenag Solok mengajak kepada seluruh calon jamaah haji Kota Solok untuk ikhlas dan sabar serta menerima dengan lapang dada terkait dengan keputusan pembatalan keberangkatan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 H/2021 M serta tidak mempercayai berita hoaks terkait pembatalan keberangkatan jamaah haji.

“Calon jamaah haji yang batal berangkat 2020 dan 2021 otomatis menjadi prioritas berangkat haji pada 2022,” ungkap Rabanis pada kegiatan sosialisasi Keputusan Menteri Agama Nomor 660 tahun 2021 dan Peraturan Menteri Agama No 13 tahun 2021 kepada calon jamaah haji Kota Solok yang batal berangkat haji dalam dua tahun ini, bertempat di Caredek Hotel, Selasa (5/10/2021).

Sosialisasi pembatalan keberangkatan haji tersebut dibuka oleh Walikota Solok serta dihadiri oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Joben yang juga bertindak sebagai narasumber pada kegiatan ini.

KMA Nomor 660 tahun 2021 ini disosialisasikan kepada masyarakat terutama bagi calon jamaah haji yang batal berangkat tahun ini agar masyarakat dapat mengetahui serta memahami secara utuh keputusan pembatalan pemberangkatan haji tahun ini.

Walikota Solok H. Zul Elfian Umar yang membuka kegiatan ini memberikan apresiasi kepada jamaah yang ikhlas menerima penundaan keberangkatan haji, dan menegaskan pemerintah daerah akan tetap melakukan koordinasi dan komunikasi.

“Dalam masa pandemi Covid-19, kita hanya bisa saling menjaga, mengingatkan agar terhindar dari pandemi Covid-19, kita manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, namun keputusan tetap di tangan yang maha Kuasa, mari kita perbaiki diri dan keluarga, kembali ke jalan Allah, semoga pandemi ini segera berlalu, jalani aktifitas seperti biasa dan tetap tenang,” pesan Walikota solok

Lebih lanjut Zul Elfian memandang bahwa aturan ini perlu disosialisasikan agar jamaah Haji yang batal berangkat memperoleh informasi yang jelas dan akan timbul kesadaran untuk bisa menerima keputusan Pemerintah tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji

Sementara itu, H. Joben selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Sumbar, selain memberi arahan dan pemahaman juga menyerahkan paspor secara simbolis kepada jamaah haji yang batal berangkat. “Petugas tetap akan melaksanakan kegiatan yang telah ada sesuai dengan prosedurnya,” ujarnya.

Hadir dalam sosialisasi tersebut diantaranya Kepala KUA Kecamatan, Penyuluh Agama Islam, serta para calon jamaah haji Kota Solok. (shan)

Tags: , , ,