Jambore PRB ke-VI Mentawai, Resmi Dibuka Wagub

Jambore PRB ke-VI Mentawai, Resmi Dibuka Wagub

Mentawai, (InfoPubliksolok) – Jambore Pengurangan Resiko Bencana (PRB) ke-VI yang dilaksanakan di Kabupaten Mentawai dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit dan dihadiri oleh Kepala Pelaksana BPBD yang berasal dari 19 Kabupaten/ Kota se-Sumatera Barat, Selasa (23/7). 

Kegiatannya kali ini dipusatkan di homestay Dusun Mapadegat Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Dalam sambutannya, Nasrul Abit menyampaikan bahwa kegiatan Jambore Pengurangan Resiko Bencana (PRB) ini merupakan kegiatan yang sangat bagus untuk peningkatan kapasitas SDM penanggulangan bencana di daerah, terutama bagi daerah yang memiliki potensi bencana seperti daerah mentawai ini.

“Kami dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memberikan apresiasi kepada masyarakat Mentawai tentang kearifan lokal yang telah dilaksanakan selama ini dalam menghadapi bencana. Seperti yang diketahui bahwa Mentawai merupakan salah satu daerah yang memiliki porensi bencana yang cukup besar,” ujar Nasrul Abit.

Pengurangan Resiko Bencana (PRB) merupakan kegiatan Jambore yang diadakan tiap tahunnya oleh BPBD Provinsi Sumatera Barat. Untuk PRB tahun ini yang menjadi tuan rumah adalah Kabupaten Mentawai. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas kemampuan Kelompok Siaga Bencana (KSB) dalam upaya penanggulangan bencana. Kegiatan ini melibatkan 500 lebih peserta yang akan mengikuti perlombaan serta aksi sosial penanaman pohon.

Kegiatan Jambore diikuti oleh Kelompok Siaga Bencana (KSB) BPBD Kabupaten/ Kota se-Sumatera Barat. Tiap kontingen Kota dan Kabupaten mengirimkan utusan sebanyak 15 orang peserta.

Pada kegiatan jambore kali ini BPBD Kota Solok ikut serta dengan mengirimkan satu kontingen dengan jumlah personil 15 orang dibawah komando langsung Kalaksa BPBD, Kenvilka. Pada pembukaan Jambore PRB ini setiap kontingen berkesempatan menampilkan yel-yel yang sebelumnya telah dipersiapkan oleh setiap kontingen. (ma)

Tags: , , , , ,

%d blogger menyukai ini: