Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Jamin Keamanan Pangan, Tim Gabungan Lakukan Pengambilan Sampel Sayuran di Pasar Raya Solok

Jamin Keamanan Pangan, Tim Gabungan  Lakukan Pengambilan Sampel Sayuran di Pasar Raya Solok

Solok, (Info Publik Solok) – Dalam rangka meningkatkan Keamanan Pangan masyarakat di Kota Solok, Dinas Pangan Kota Solok beserta Tim Terpadu Pengawasan Keamanan Pangan lakukan pengambilan sampel sayuran di Pasar Raya Solok, Selasa (25/7).

Tim Terpadu Pengawasan Keamanan Pangan terdiri dari Dinas Pangan, Satpol PP, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Bidang Pasar), Dinas Pertanian, dan Dinas Kesehatan Kota Solok.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan, dimana Pemerintah berkewajiban menjamin penyelenggaraan keamanan pangan di setiap rantai pangan secara terpadu.

Salah satu caranya adalah dengan pemberian jaminan keamanaan dan mutu pangan, sehingga kemurnian dan keamanan suatu produk dapat dipertanggung jawabkan.

Pelaksanaan kegiatan ini guna untuk mengetahui pemakaian pestisida, agar masyarakat Kota Solok mengkonsumsi pangan yang aman terbebas dari bahan kimia tersebut. Pestisida dapat masuk ke tubuh kita dengan tiga cara yaitu kontak langsung dengan kulit, terhirup melalui udara dan termakan.

Bahaya pestisida bagi kesehatan mengakibatkan gangguan reproduksi, gangguan perkembangan janin, penyakit Parkinson atau rusaknya sel syaraf di tubuh, menyebabkan purberitas dini dan penyebab utama kanker saat ini.

Kegiatan pengambilan sampel ini dilakukan sebanyak empat kali dalam setahun, pada kali ini termasuk pengambilan sampel sayuran yang kedua. Sekarang ini ada dua macam komoditi sampel Sayuran yang diambil yaitu Kol dan Daun Bawang sebanyak 2 Kg per komoditi, sampel ini diambil pada 8 tempat pedagang yang berbeda.

Sampel yang telah diambil tersebut diantarkan ke Laboratorium Pestisida Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Holtikultura (BPTPH) Provinsi Sumatera Barat untuk dilakukan pengujian Laboratorium terhadap uji residu pestisida. Hasil dari pengujian akan diberitahu dalam waktu kurang lebih satu minggu. Jika hasilnya positif maka akan dilakukan pembinaan kepada pedagang yang bersangkutan.

Selain kegiatan ini, Dinas Pangan juga mengadakan Poji Paman (Pojok Uji Pangan Aman) berupa uji langsung pestisida menggunakan rapid test kit terhadap sayur, buah dan ikan yang berlokasi di ruangan Tera Pasar Raya Solok, yang mana pelaksanaannya dilakukan satu kali dalam satu bulan, pada hari Kamis minggu pertama dan masyarakat bisa melakukan uji residu pestisida secara gratis.

Namun demikian bila ditemukan residu pestisida, cara umum yang dapat dilakukan dengan cara Mencuci sayur dan buah menggunakan air mengalir hingga bersih.

Menurut Kepala Bidang Konsumsi, Penganekaragaman, dan Keamanan Pangan, Fitriani H, SP, kegiatan ini akan rutin dilakukan mengingat pentingnya menjamin keamanan pangan di sepanjang rantai pangan untuk melindungi kesehatan khususnya masyarakat Kota Solok demi masa depan bangsa yang sehat dan sejahtera. Pangan yang aman merupakan investasi masa depan yang lebih baik. (fas)

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.