Jamin Kualitas Obat dan Makanan, Pemko Solok Gandeng BBPOM Lakukan Pengawasan

Jamin Kualitas Obat dan Makanan, Pemko Solok Gandeng BBPOM Lakukan Pengawasan

Solok, (InfoPublikSolok) – Pemerintah Kota Solok dan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang yang tergabung dalam tim koordinasi dan tim teknis pengawasan obat dan makanan periode 2021-2023, memantau keamanan dan kualitas makanan di Pasar Raya, Swalayan dan Pasar takjil yang ada di Kota Solok, pada Rabu (28/04/2021).

Hadir pada kegiatan ini, Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra, Kepala BPOM Sumatera Barat, Firdaus Umar, Kepala Dinas Perdagangan KUKM , Bujang Putra, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Ardinal, Kepala Dinas Pertanian, Ikhvan Marosa, Kepala Dinas Pangan, Kusnadi, Sekretaris Dinas Kominfo, Lusya Adelina, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Milda Murniati, serta pejabat terkait yang tercantum dalam surat tugas Walikota tentang pengawasan obat dan makanan.

Dalam arahan sebelum kegiatan pemantauan dilakukan, Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra menyampaikan rasa terima kasih atas pelaksanaan kegiatan pengawasan obat dan makanan ini.

“Terimakasih kami ucapkan atas kegiatan yang dilaksanakan BBPOM, Pemerintah Kota sangat mendukung kegiatan pengawasan obat dan makanan ini dalam rangka menjamin kualitas makanan yang di konsumsi masyarakat Kota Solok,” sampai Ramadhani di ruang rapat Walikota.

Sementara itu Kepala BBPOM Sumatera Barat Firdaus Umar menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka intensifikasi pengawasan pangan selama bulan Ramadhan.

“Tadi kita turun kepasar melakukan sampling pada pangan segar maupun takjil untuk dilakukan tes cepat di mobil lab, jika ada dugaan sampel akan kita bawa ke laboratorium kita di Padang,” jelas Firdaus Umar saat ditemui tim MC Solokkota di sela sela kegiatan pengawasan.

“Saat ini proses sedang berlangsung, kita berharap tidak ada bahan berbahaya dalam bahan pangan tersebut,” lanjutnya.

Setelah melakukan pengawasan terhadap pangan yang dijual di Pasar Raya, tim melaksanakan pengawasan terhadap bahan makanan yang dijual di Swalayan yang ada di Kota Solok.

“Pada kegiatan ini kita berharap pangan yang dijual itu aman, sehingga masyarakat mendapatkan produk makanan yang bermutu dan bergizi,” harap Firdaus.

Dalam pemantauan yang dilakukan di Swalayan, menurut Kepala BBPOM ditemukan makanan yang kemasannya sudah rusak atau penyok, dan ada juga makanan yang sudah kadaluarsa tapi dalam jumlah yang tidak banyak.

“Pemilik kita suruh untuk menyisihkan dan untuk tidak dijual lagi,” jelas Firdaus.

Lebih lanjut Firdaus menjelaskan sepanjang tahun BBPOM melakukan pengawasan rutin terhadap obat dan makanan yang beredar. Pada bulan Ramadhan, pengawasan lebih diintensifkan lagi karena pada bulan puasa penjualan lebih meningkat dibandingkan bulan bulan lainnya.

Senada dengan yang disampaikan Kepala BBPOM, Kepala Dinas Perdagangan KUKM, Bujang Putra menjelaskan Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Perdagangan juga melakukan pemantauan terhadap pangan yang beredar di Kota Solok. Selain memantau kualitas pangan, Dinas Perdagangan KUKM juga memantau ketersediaan pangan dan perkembangan harga makanan pokok di Kota Solok setiap minggunya. (Eg)

Tags: , , ,