Jelang Pelaksanaan UKK, 3 Workshop di SMKN 3 Solok Selesai Diverifikasi

Jelang Pelaksanaan UKK, 3 Workshop di SMKN 3 Solok Selesai Diverifikasi

Solok, (InfoPublikSolok) – Jelang pelaksanaan UKK, 3 Workshop di SMKN 3 Solok selesai diverifikasi oleh Tim Verifikasi dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) ini sendiri merupakan ujian praktik kejuruan yang umumnya diselenggarakan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Teori Kejuruan yang merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan Ujian Nasional.

Verifikasi ini dilaksanakan untuk penilaian layak atau tidaknya ketiga workshop tersebut sebagai tempat penyelenggaraan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK). Workshop yang dinilai adalah Workshop Perhotelan, Workshop Tata Boga dan Workshop Tata Busana.

Tim Verifikator Disdik Provinsis Sumatera Barat yang turun ke SMKN 3 Solok, Rabu (6/2/19), diantaranya Drs. Nofiandri dan Gatot M. Dalam pelaksanaannya tim verifikator memeriksa kelengkapan alat dan bahan untuk UKK, mulai dari data assessor, peralatan praktik, ruangan, dan berkas MOU dengan DU/DI. Hasil verifikasi tersebut menyatakan bahwa Workshop di SMKN 3 Solok layak untuk dijadikan tempat Uji Kompetensi Kejuruan (UKK)  bagi 3 Kompetensi Keahlian, yaitu Tata Boga, Perhotelan dan Tata Busana.

Ketua Jurusan Perhotelan, Ronggo Widoso M. S, S.Hum menyebutkan sebanyak 103 kelas XII akan mengikuti UKK pada bulan april mendatang ,yang  terdiri dari 39 Orang dari Jurusan Perhotelan, 38 Orang dari Jurusan Tata Boga, dan 25 Orang dari jurusan Tata busana.

“Nantinya dalam pelaksanaan UKK ini siswa akan dinilai oleh penguji eksternal dan penguji internal yang telah memiliki sertifikat Accesor. Untuk penguji eksternal perhotelan dan tata boga kami bekerjasama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bukittinggi  sedangkan penguji eksternal bagi jurusan tata Busana berasal dari butik,” tambahnya.

“Alhamdulillah verifikasi kali ini berjalan lancar  dan hampir semua instrumen yang ada dalam lembar verifikasi dapat terpenuhi, baik dalam hal kelengkapan alat dan bahan yang akan digunakan dalam UKK nantinya,” ucap Efa Norita, S.Pd selaku Waka Humas.

Efa juga menambahkan bahwa setelah verifikasi ini pihak sekolah dan panitia UKK akan semaksimal mungkin mempersiapkan siswa dalam menghadapi UKK sehingga mereka dapat memperoleh hasil yang diharapkan. (ta)

Tags: , , ,