Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Jelang Penilaian Adipura, Kebersihan Pasar Raya Jadi Prioritas Utama

Jelang Penilaian Adipura, Kebersihan Pasar Raya Jadi Prioritas Utama

Solok, (Info Publik Solok) – Saat ini Kementerian Lingkungan Hidup sedang melakukan proses penilaian dan seleksi terhadap Kepada Daerah atau Kota yang dinilai berhasil mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan secara berkelanjutan.

Jelang menghadapi penilaian Adipura tersebut, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Asril, SE, bersama Kepala Dinas Pangan, Ade Kurniati, S.Pt, Kepala Bidang Pangan, Satpam beserta staf Dinas Pasar mengintensifkan pemantauan titik di Pasar Raya Kota Solok, Rabu (04/10).

Sejumlah titik yang dipantau antara lain, saluran air, penataan dan pengelolaan sampah, khususnya tempat pembuangan dan bank sampah.

“Dari hasil pemantauan di Pasar, kami mengecek tong sampah pilah dan bank sampah serta kebersihan di areal pasar,” jelas Asril.

Hasil pantauan sejumlah saluran air di ruas jalan dipastikan tidak ada sampah atau endapan lumpur. “Kita ingin memastikan, prinsipnya semua titik pantau tetap sudah siap dinilai oelh tim Adipura,” tambahnya.
Menanggapi hal diatas, selaku Kabid LB3 mengatakan ia akan memastikan setiap persiapan dilakukan dengan maksimal dan tuntas. Kita akan memastikan setiap persiapan itu berjalan dengan efektif dan maksimal, maka dari itu, dimana yang belum ditindaklanjuti, akan kita tuntaskan secepatnya.

Selain itu, Asril juga memastikan pihaknya akan terus berjibaku melakukan pemantauan berkala disemua titik pantau yang telah ditetapkan.

“Kita akan terus lakukan pembersihan, penataan dan evaluasi berkala pada semua titik pantau menjelang penilaian Adipura 2023 ini. Meskipun demikian, aksi penataan dan pembersihan ini tidak serta merta hanya karena penilaian, tapi setiap harinya kita pastikan dan sosialisasikan semua lapisan masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan secara berkelanjutan.” ujar Asril.

Kita semua berharap agar semua lapisan masyarakat ikut andil memastikan kondisi lingkungan tetap terjaga dan terawat secara efektif dan berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat serta meraih prestasi terbaik dalam penilaian Adipura Tahun 2023. (nsd/c)

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.