Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Job Fair Kota Solok 2023, Simak Penjelasan dan Tipsnya Berikut Ini! #edisi3

Job Fair Kota Solok 2023, Simak Penjelasan dan Tipsnya Berikut Ini! #edisi3

Solok, (Info Publik Solok) – Bagi para fresh graduate, menghadiri job fair adalah kesempatan emas buat mendapatkan pekerjaan. Sebenarnya Job Fair Kota Solok 2023 itu kayak apa sih? Simak ulasan ini ya!

Siapkan Dokumen Sebaik Mungkin

Menyiapkan dokumen terkesan sederhana, padahal bisa amat merepotkan jika tidak kamu lakukan dengan baik. Sebisa mungkin buat estimasi berapa lowongan kerja yang akan kamu lamar. Siapkan berkas lamaran sejumlah itu, bahkan kalau bisa tambahkan beberapa untuk cadangan.

Jangan lupa membawa map atau tempat untuk menyimpan berkas-berkas tadi agar tetap rapi. Periksa juga kelengkapan alat tulis, misalnya pena, kertas, klip, dan lain-lain. Cek kembali dokumen yang ada sebelum kamu berangkat menuju bursa kerja.

Agar lebih menarik perhatian para rekruter, tidak ada salahnya kamu melakukan pembaharuan CV atau resume. Jika perlu, siapkan CV yang sifatnya formal dan CV yang lebih kreatif. Untuk jenis pekerjaan kreatif, penggunaan CV formal biasanya kurang efektif. Jadi, pastikan CV yang kamu buat benar-benar sudah sesuai dengan perusahaan incaranmu ya.

Tanpa persiapan dokumen yang baik, kamu akan kesulitan saat memasukkan lamaran ke rekruter. Belum lagi jika ada berkas yang ketinggalan. Bukan hanya repot, rekruter pun dapat memberikan kesan kurang baik saat melihatmu. Teman Belajar tentu tidak mau merasakan hal seperti ini kan?

Berpakaian yang Rapi

Selanjutnya, perlakukanlah job fair layaknya menghadiri undangan tes atau wawancara dari perusahaan. Kamu mesti mengenakan pakaian yang formal dan rapi. Ingat, kamu akan mengumpulkan berkas lamaran ke banyak perusahaan, bahkan langsung ke rekruternya. Tidak mungkin kan, kamu berpenampilan santai?

Untuk laki-laki, rekomendasi pakaian yang bisa kamu kenakan misalnya kemeja kancing dan celana panjang. Jika ingin lebih formal, kamu dapat menambahkan dasi dan jas. Namun, perhatikan kenyamanan berpakaian dan sesuaikan dengan gayamu juga.

Sementara, perempuan dapat menggunakan kemeja yang dipadu dengan blazer serta celana panjang. Boleh juga untuk mengenakan rok atau dress formal, asalkan masih tetap sopan. Sama halnya seperti laki-laki, ingat untuk mengutamakan kenyamanan berpakaian karena kamu akan berjam-jam mengikuti bursa kerja.

Terakhir, kenakanlah sepatu yang nyaman untuk berjalan kaki. Perempuan sebaiknya menghindari memakai high heels yang terlalu tinggi karena berpotensi membuat lelah. Flat shoes atau sneakers dapat menjadi pilihan untuk menghadiri bursa kerja. Yang penting rapi dan terlihat formal kok.

Pelajari Denah dan Tentukan Rute Efektif

Dalam bursa kerja, puluhan hingga ratusan perusahaan akan muncul. Apalagi jika skala bursa kerjanya besar, bisa jadi banyak perusahaan besar turut berpartisipasi. Untuk memudahkan para pencari kerja dalam mengumpulkan berkas lamaran, panitia biasanya menyediakan peta lokasi dengan rinci.

Peta atau denah ini bahkan kadang diinfokan jauh-jauh hari sebelum acara bursa kerja. Maka, tugasmu adalah mempelajari serta memahami denah tersebut. Hal ini penting agar kamu tidak “tersesat” atau bahkan menghabiskan waktu hanya untuk mencari perusahaan incaranmu.

Ingat, pasti akan banyak orang memenuhi stan-stan perusahaan. Ini akan makin menyulitkanmu untuk sekadar melihat nama stan perusahaan. Keadaan yang serba hectic nantinya dapat berpengaruh pada suasana hati atau persiapanmu bertemu rekruter.

Oleh sebab itu, tentukan beberapa perusahaan yang hendak kamu datangi. Pelajari di mana saja posisi stan perusahaan-perusahaan tersebut. Lalu, buatlah rute yang paling efektif menuju ke sana.

Kalau perlu, buat urutan perusahaan yang bakal kamu sambangi secara terperinci. Dengan begitu, kamu lebih hemat waktu dalam mencari stan perusahaan. Kamu tidak perlu kebingungan apalagi tersesat saat mengumpulkan berkas lamaran.

Kamu bisa perhatikan jadwalnya agar tidak ketinggalan informasi. Jika sudah siap untuk semua poin di atas, yuks catat tanggalnya dan pastikan kamu hadir di JOB FAIR KOTA SOLOK 2023, 4-5 Desember 2023 di Gedung Kubuang Tigo Baleh Kota Solok. Info lebih lanjut bisa menghubungi hotline kami di +62 852-6323-7570 atau di IG @infopubliksolok dan @info_kerja_solok dan https://jobfair.kemnaker.go.id/web.

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan