Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Job Fair Kota Solok 2023, Simak Penjelasan dan Tipsnya Berikut Ini! #edisi4

Job Fair Kota Solok 2023, Simak Penjelasan dan Tipsnya Berikut Ini! #edisi4

Solok, (Info Publik Solok) – Bagi para fresh graduate, menghadiri job fair adalah kesempatan emas buat mendapatkan pekerjaan. Sebenarnya Job Fair Kota Solok 2023 itu kayak apa sih? Simak ulasan ini ya!

Ambil Kesempatan Bertemu HRD

Ketika kamu sudah menyiapkan rute terbaik dalam job fair, kamu lebih punya banyak waktu untuk berkunjung ke tiap stan perusahaan. Tunjukkanlah kesan terbaik dengan antusiasme mengikuti bursa kerja. Poin ini dapat menjadi kunci penting bagi rekruter atau HRD dalam menilai kamu loh.

Manfaatkan waktu berkunjung ke stan dengan bertanya seputar perusahaan ke rekruter. Misalnya, budaya kerja, peluang karier, produk, dan lain-lain. Tak perlu ragu menampilkan minatmu ke rekruter, siapa tahu antusiasme positif darimu menjadi kunci lolos dari tahap seleksi berkas.

Andai memungkinkan, kumpulkanlah keberanian untuk bicara pada senior HRD atau bahkan manajer HRD. Beberapa petinggi HR biasanya ikut menghadiri bursa kerja guna melihat langsung para calon karyawan. Manfaatkan kesempatan itu untuk berbincang dengannya.

Kamu dapat berbicara lebih dalam mengenai peluang karier pada perusahaan tersebut. Tunjukkan juga kemampuanmu yang sekiranya dapat sesuai dengan perusahaan cari. Obrolan singkat seperti ini juga dapat memperbesar peluangmu lolos seleksi loh.

Jalin Networking

Saat memasuki dunia kerja, networking adalah hal yang penting untuk dilakukan. Nah, bursa kerja dapat menjadi momen tepat untuk kamu belajar menjalin relasi baru. Entah itu dengan sesama pencari kerja, maupun dengan orang-orang dalam perusahaan.

Setiap mendatangi stan perusahaan dan mengumpulkan berkas, pastikan kamu mengambil kartu nama dari rekruter. Atau bisa juga kamu meminta kontak dari tim rekrutmen agar lebih mudah melakukan follow up. Andai obrolanmu dengan rekruter terasa nyaman dan menarik, beranikanlah diri untuk meninggalkan kontak kepadanya.

Selain perusahaan, berbaurlah juga dengan para pencari kerja lainnya. Dalam job fair, kamu pasti bakal menemukan banyak orang dengan latar belakang berbeda-beda. Meskipun konteksnya kalian bersaing, bukan berarti kamu tak beramah tamah dengan yang lain.

Siapa tahu kelak beberapa “pesaingmu” dalam bursa kerja justru menjadi rekan kerja. Bahkan, bisa juga kalian saling bertukar informasi penting mengenai lowongan kerja suatu hari nanti. Percaya deh, tidak ada yang sia-sia dari networking dengan orang baru.

Lamar Pekerjaan Incaranmu

Nah, hal terpenting dalam job fair tentu saja melamar pekerjaan yang jadi impianmu. Selain menyiapkan dokumen atau berkas lamaran sebaik mungkin, persiapkan juga kesiapan mentalmu. Pasalnya, mengikuti bursa kerja cukup menguras tenaga sekaligus pikiran.

Apalagi ada beberapa perusahaan yang menerapkan proses rekrutmen serba cepat. Bisa jadi dalam sehari kamu mengumpulkan berkas, lalu esoknya kamu mendapat undangan untuk tes. Kemudian, proses rekrutmen berlanjut terus hingga wawancara.

Jadi, melamar pekerjaan juga butuh persiapan matang. Berlatihlah mengerjakan tes masuk kerja sampai wawancara. Pelajari secara mendalam perusahaan serta posisi pekerjaan yang akan kamu lamar. Makin baik persiapanmu, kian lancar pula proses rekrutmen nanti.

Usahakan agar kamu tidak hanya fokus pada pekerjaan impian. Saat mengikuti bursa kerja, kamu justru dapat melihat banyak peluang kerja lain. Tidak ada salahnya kamu mencoba posisi lain daripada hanya terpatok pada satu pekerjaan. Intinya sih, jangan terlalu idealis, terlebih jika masih fresh graduate.

Lakukan Follow Up

Tugasmu dalam job fair tak hanya berhenti pada memasukkan beberapa lamaran ke perusahaan. Setelah itu, kamu sebaiknya melakukan follow up ke rekruter perihal lamaranmu. Biasanya tiap perusahaan punya sistem atau aturan rekrutmen yang berbeda-beda, jadi tidak ada salahnya kamu follow up.

Andai rekruter tidak memberikan info mengenai waktu tunggu setelah pengumpulan berkas, pastikan kamu sudah menyimpan kontak rekruter tersebut. Tanyakan apakah berkasmu lolos seleksi atau tidak, setidaknya seminggu atau dua minggu setelah pengumpulan. Daripada kamu bertanya-tanya dan bikin gelisah, lebih baik kamu konfirmasi langsung kan.

Selain itu, pastikan kamu selalu mengecek notifikasi lewat email atau pesan setelah ikut job fair. Jangan sampai kamu melewatkan undangan tes, apalagi wawancara ya! Maka, penting untuk memberikan kontak aktifmu (entah itu email atau nomor telepon) agar rekruter mudah menghubungimu.

Kesimpulan

Job fair merupakan kesempatan emas bagi para pencari kerja untuk bertemu langsung dengan rekruter. Selain untuk mengumpulkan berkas lamaran, bursa kerja juga merupakan momen untuk mengenal perusahaan secara lebih dekat. Maka, menghadiri bursa kerja tentu memberikan banyak manfaat bagi job seeker.

Tak cuma itu, perusahaan pun turut merasakan manfaat dari adanya job fair. Proses rekrutmen menjadi lebih ringkas, padat, dan tepat sasaran. Dari segi keuangan, biaya untuk rekrutmen dalam bursa kerja pun lebih hemat. Oleh sebab itu, banyak perusahaan memanfaatkan bursa kerja guna merekrut sumber daya berkualitas dengan cara lebih efisien.

Kamu memang akan banyak bertemu pesaing saat datang ke bursa kerja. Banyak hal mungkin terjadi, entah lamaranmu ada yang lolos atau bahkan tidak sama sekali. Jangan terlalu takut atau pesimis, cukup fokus saja pada tujuanmu.

Setidaknya kamu tetap mendapatkan pengalaman dalam berelasi dengan orang baru ketika ikut job fair. Atau bahkan, siapa tahu kamu malah mendapat pekerjaan dari orang-orang tersebut. Segala hal bisa terjadi, yang terpenting terus mencoba dan jangan patah semangat!

Kamu bisa perhatikan jadwalnya agar tidak ketinggalan informasi. Jika sudah siap untuk semua poin di atas, yuks catat tanggalnya dan pastikan kamu hadir di JOB FAIR KOTA SOLOK 2023, 4-5 Desember 2023 di Gedung Kubuang Tigo Baleh Kota Solok. Info lebih lanjut bisa menghubungi hotline kami di +62 852-6323-7570 atau di IG @infopubliksolok dan @info_kerja_solok dan https://jobfair.kemnaker.go.id/web.

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan