Kabut Asap Semakin Pekat, BPBD Himbau Warga Kota Solok Gunakan Masker

Kabut Asap Semakin Pekat, BPBD Himbau Warga Kota Solok Gunakan Masker

Solok, (InfoPublikSolok) – Menyikapi indeks standar pencemaran udara di Kota Solok mengalami peningkatan mulai dirasakan pada hari rabu 11 september 2019 sampai saaat ini. Kabut asap yang menyelimuti Kota Solok saat ini merupakan kabut asap kiriman dari daerah tetangga.

Sesuai dengan surat edaran Walikota Solok Nomor : 360/BPBD/IX-2019  tentang Dampak Kabut Asap di Kota Solok bahwasannya kabut asap yang sedang menyelimuti Kota Solok masih dalam keadaan wajar, akan tetapi perlu peningkatan kewaspadaan untuk melindunggi diri saat keluar rumah dengan menggunkan masker. Diharapkan kepada masyarakat untuk dapat mengurangi aktifitas di luar rumah bila tidak terlalu penting. Menghimbau kepada seluruh warga Kota Solok agar tidak melakukan kegiatan pembakaran sampah dan pembakaran jerami guna mengguranggi ketebalan asap.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok melakukan pembagian masker kepada warga Kota Solok yang telah berlangsung mulai dari 12 s.d 13 September 2019 pada titik strategis di Kota Solok. Pembagian masker merupakan kerjasama antara Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, PMI, Tagana, PSM Dinas Sosial dan unsur terkait lainnya. Pembagian masker dilaksanakan di beberapa titik di Kota Solok. Jika intensitas kabut asap mengalami peninkatan pembagian masker akan berlanjut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulagan Bencana Derah (BPBD) Kota Solok, Kenfilka  menghimbau seluruh masyarakat untuk dapat mengurangi aktivitas di luar ruangan karena ketebalan kabut asap yang mengalami peningkatan. Dan bagi warga yang ingin ke luar rumah atau beraktivitas di luar ruangan agar dapat menggunakan masker.

“Kita tidak tau sampai kapan Kota Solok akan diselimuti kabut asap, namun kita berharap agar intensitas kabut asap yang menyelimuti Kota Solok dapat berkurang dan tidak mengalami peningkatan lagi,” harap Kenfilka.

Jika melihat atau menggalami kejadian yang berhubungan dengan kebencanaan, saat ini warga Kota Solok sudah dapat menggunakan aplikasi PUSPINA (Pusat Pelayanan Informasi Kebencanaan) yang dapat di download di Play store. Melaporkan melalui Whatsapp (WA) ke 081277559889, telp ke (0755)-3231798, radio kebencanaan pada frekuensi 143.380 MHz dan 169.525 MHz, serta web bpbd@solokkota.go.id. (ma)

Tags: , , , ,