Kader Posyandu Wijaya Kusuma Tanjung Paku Ikuti Penilaian Tingkat Provinsi Sumatera Barat

Kader Posyandu Wijaya Kusuma Tanjung Paku Ikuti Penilaian Tingkat Provinsi Sumatera Barat

Solok, (InfoPublikSolok) – Kader Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) Kelurahan Tanjung Paku wakili Kota Solok dalam kegiatan penilaian Kader Posyandu berprestasi tingkat provinsi Sumatera Barat, Kamis (3/6/2021).

Penilaian tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Zuri Padang, yang diikuti oleh perwakilan Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat. Kader yang diutus adalah Ibu Ernawati dari Posyandu Wijaya Kusuma yang berlokasi di depan Kantor Camat Tanjung Harapan RT 02 RW 02 Kelurahan Tanjung Paku, didampingi oleh aparatur dari Dinas Kesehatan, Dinas KB, Puskesmas, dan pembina Posyandu Tanjung Paku.

Pada kesempatan tersebut, Ernawati menyampaikan paparan terkait kegiatan kegiatan Posyandu Baik Budi yang telah terintegrasi dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta inovasi yang telah dilaksanakan di Posyandu tersebut di antaranya, Dasar (Dapati Sasaran) yaitu masing-masing kader bertanggung jawab terhadap sasarannya, Wajaku (WA wijaya Kusuma) yaitu adanya grup WA khusus pengurus posyandu, memudahkan untuk koordinasi dan konsultasi terkait informasi dan kemajuan Posyandu.

Inovasi berikutnya, Master (Mandiri Hand Sanitizer) yaitu pembuatan hand sanitizer secara mandiri oleh Kader Posyandu untuk digunakan secara bersama sama saat dilakukan kegiatan yang bahan utamanya adalah daun sirih, selanjutnya pembuatan obat batuk dari daun sirih, serta pemberian balon bagi sasaran yang rajin datang ke Posyandu, minimal tiga kali berturut turut.

Ernawati juga menyampaikan kegiatan lainnya terkait penataan dan kebersihan Posyandu yaitu dengan melaksanakan gotong-royong rutin secara bersama-sama dengan masyarakat dan tokoh masyarakat minimal satu bulan sekali. (yrn)

Tags: , , , , , , , , ,