Kadinkes Kota Solok Supervisi Pemondokan Kafilah MTQ

Kadinkes Kota Solok Supervisi Pemondokan Kafilah MTQ

Solok (InfoPublikSolok) – Dinas kesehatan menurunkan Tim Supervisi ke Pemondokan Kafilah MTQ Sumbar ke-38 di Kota Solok yang dimulai dari tanggal 15 juni s/d 22 juni, koordinator dalam kunjungan tim ini dipimpin langsung oleh kepala Dinas Kesehatan dr. Hj. Ambun Kadri, MKM, Selasa (18/6).

dr. Hj. Ambun Kadri, MKM, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk promotif dan preventif yang sesuai dengan penekanan prilaku hidup bersih dan sehat pada program kesehatan yang diharapkan dapat diimplementasikan oleh setiap kafilah dan panitia pendamping setiap harinya.

Elemen yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah pemeriksaan setiap pemondokan kafilah MTQ untuk melihat bagaimana kondisi rumah dilihat dari kesehatan, seperti ventilasi udara, pembuangan sampah, kebersihan dan ke-hygienis sanitasi makanan serta adanya stiker dilarang merokok pada tempat pemondokan.

Tim yang turun terdiri dari petugas kesehatan lingkungan (Kesling), petugas gizi dan petugas P2 (pengendalian penyakit). Dinas Kesehatan juga membentuk Tim Pemeriksa makanan dan minuman Kafilah serta sanitasi lingkungan di setiap pemondokan.

“Masing-masing tim dibagi menjadi 5 orang per-harinya untuk memberikan penyuluhan (sosialisasi) tentang kesehatan di pemondokan serta menginventarisir permasalahan kesehatan yang ada di pemondokan tersebut. Data survey yang didapat dari segi Kesehatan adalah terdapatnya beberapa peserta yang terkena ISPA, namun sudah ditindaklanjuti oleh tim medis yang bertanggung jawab di pemondokan kafilah tersebut,” kata Kadinkes.

dr. Ambun menambahkan, untuk segi kebersihan diharapkan bagi pemilik pemondokan agar menyediakan sarana tempat pembuangan sampah. Terhadap tatalaksana hygienis makanan didapati beberapa permasalahan kecil dan langsung dikoordinasikan dengan penyaji makanan dan tim konsumsi terhadap makanan.

“Sebagian besar tamu pemondokan menyukainya dan tidak ada permasalahan, untuk beberapa menu yang tidak cocok dengan kebiasaan kafilah, dikoordinasikan langsung dengan tim konsumsi,” pungkas Kadinkes. (es)

Tags: , , ,