Kakan Kemenag Pembina Upacara Bendera di MTsN Kota Solok

Kakan Kemenag Pembina Upacara Bendera di MTsN Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok H. Afrizal bertindak sebagai pembina Upacara Bendera di Madrasah Tsanawiyah Negri (MTsN) Kota Solok, Senin (19/9) pagi.

Dalam amanatnya untuk para siswa, H. Afrizal menyampaikan, dalam menuntut Ilmu hendaknya dilaksanakan dengan kesungguhan, siapa yang bersungguh-sungguh dalam menunutut Ilmu, pasti akan mendapatkan hasil yang baik dan siapa yang tidak tidak bersungguh-sunguh, akan mendapatkan hasil yang buruk juga.

Selanjutnya, H. Afrizal juga melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di MTsN Kota Solok, gelombang I. ANBK akan dilaksanakan selama dua hari yaitu hari Senin dan Selasa, tanggal 19 s.d 20 September 2022 dengan jumlah sesi per hari, sebanyak tiga sesi.

Peserta ANBK berjumlah 50 orang, termasuk siswa cadangan, yang dipilih acak oleh sistem. “Pelaksanaan ANBK yang dilaksanakan secara online, tidak menutup kemungkinan ke depannya pelaksanaan ujian nasional semester dan lainnya, juga akan dilaksanakan secara online berbasis CBT,” ungkap Kakan Kemenag.

ANBK merupakan evaluasi atau penilaian mutu madrasah guna mengetahui dan mengembangkan kompetensi dan karakteristik siswa. ANBK ini berbeda dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). UNBK dikerjakan kelas akhir pada setiap jenjang pendidikan, sedangkan ANBK dikerjakan bagi siswa kelas V (MI/Sederajat), kelas VIII (MTsN/Sederajat) dan kelas XI (MA/Sederajat).

Kompetensi dasar yang diukur dalam ANBK ini adalah literasi membaca dan literasi numerasi. Selain itu, ANBK mengukur kompetensi minimum, survei karakter dan survei lingkungan belajar.

Kepala MTsN Kota Solok, Hj. Ifa Yetriani berharap pada pelaksanaan ANBK berjalan lancar tanpa ada gangguan secara teknis. “Persiapan itu mulai dari ketersediaan dan kelengkapan fasilitas sinkronisasi, jaringan dan yang berkaitan dengannya,” tuturnya. (helda)

Tags: ,