Kakanwil Kemenag Buka Secara Resmi Bimbingan Manasik Calon Jamaah Haji Kota Solok

Kakanwil Kemenag Buka Secara Resmi Bimbingan Manasik Calon Jamaah Haji Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Hendri bersama Walikota Solok H. Zul Elfian membuka secara resmi bimbingan Manasik Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Solok yang bertempat di Aula Abu Bakar Siddiq Kantor Kemenag Kota Solok, Selasa (18/6/2019).

Diawali sambutan dari oleh Plt Kepala Kantor Kemenag Kota Solok  H. Afrizen, dalam laporannya menyampaikan kegiatan Manasik CJH Kota Solok diikuti 125 peserta yang merupakan Calon Jamaah Haji yang akan melaksanakan haji tahun 1440 H/ 2019 M dengan tujuan memberikan wawasan dan pengetahuan tentang pelaksanaan ibadah Haji, terlebih bagi CJH jalur mandiri diharapkan nantinya tidak tergantung terhadap orang lain demi kelancaran ibadah jemaah haji itu sendiri.

Sementara itu dalam sambutannya, Kakanwil mengatakan kepada semua CJH untuk mempersiapkan lahir dan batin dalam pelaksanaan Ibadah haji mendatang. Dikatakan bahwa Jamaah Haji memiliki tiga keistimewaan yakni, Pertama, diberikan kesempatan berangkat saat ini, karena panjangnya antrian untuk berangkat ke tanah suci, oleh karena itu perbanyaklah rasa syukur kepada Allah, jangan sia-siakan perjalanan ini. Kedua, tempat pemondokan di Tanah Suci dekat dan istimewa ketiga adalah menjadi tamu Allah.

“Oleh karena itu manfaatkanlah kesempatan ini, selama perjalanan ke tanah suci kita hendaknya tidak lepas dari doa, supaya perjalanan mudah dan mulus,” pesan Kakanwil kepada CJH yang hadir.

Kakanwil menambahkan, dalam pelaksanaan ibadah haji ada petugas yang menyertai jamaah yang disebut kloter dan ada petugas yang tidak menyertai jemaah atau non kloter dimana petugas kloter yang terdiri dari Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIHI), Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Petugas Kesehatan Haji Indonesia (TPKHI).

“Segala persoalan para ibu bapak CJH Kota Solok saat melaksanakan ibadah haji nanti yang bertanggung jawab mereka semua yaitu Ketua Kloter, TPIHI dan TPH,” kata Kakanwil.

Wako Solok, Zul Elfian yang berkesempatan di sela hajatan MTQ Sumbar ke-38 di Kota Solok, dalam sambutannya menyampaikan bahwa CJH adalah tamu Allah yang tidak didapatkan oleh semua orang, banyak hal-hal yang disukai dalam perjalanan ke tanah suci oleh karena itu sandarkanlah semua perjalanan ini kepada Allah, ikhlas, berpikir positif dengan pandangan baik dan nikmati setiap apa yang terjadi, sehingga tidak merusak ibadah Haji.

Diakhir kegiatan, Kasi Penyelenggara Haji dan umrah (PHU), Rabamis, menyampaikan bahwa jamaah haji Kota Solok menurut rencana akan berangkat pada tanggal 9 Juli 2019, tergabung dalam kloter 4 (Kota Padang, Kota Solok, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan). (hd)

Tags: , ,