Kakanwil Kemenag Lepas Jamaah Haji Kloter IV Menuju Madinah

Kakanwil Kemenag Lepas Jamaah Haji Kloter IV Menuju Madinah

Padang, (InfoPublikSolok) – Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri yang mewakili Gubernur Sumatera Barat, melepas secara resmi keberangkatan 392 orang jamaah haji yang tergabung dalam Kloter IV Embarkasi Padang menuju tanah suci. Pelepasan berlangsung di Asrama Haji Tabing Padang, Selasa (9/7) malam.

Kakanwil menyampaikan, naik haji merupakan dambaan semua orang. Karena jika sudah melaksanakan haji, umat islam merasa telah sempurna ibadahnya. “Saat ini untuk melaksanakan haji, warga Sumbar harus menunggu 19 tahun, maka JCH yang berangkat tahun ini merupakan istimewa karena dipilih menjadi Dhuyufurrahman,” tuturnya.

Kepada Jamaah Calon Haji Kakanwil juga berpesan untuk meluruskan niat dan bersikap sabar dalam melaksanakan ibadah haji.

“Melaksanakan haji diuji dengan 3 hal, yaitu sebelum berangkat, sedang melaksanakan dan sepulang dari berhaji, sejauh mana kemambruran haji kita dengan menjaga 3 hal, jangan sampai rafas (kata kotor, menyakiti org lain), fusuk (berbuat maksiat, meninggalkan shalat), berbantah-bantahan bahkan bertengkar selama melaksanakan ibadah haji,” kata Kakanwil.

H. Hendri menambahkan, pahala melaksanakan shalat berjamaah di Masjid Nabawi 1000 kali lipat, di Masjidil Haram 100 ribu kali lipat, nilai pahala yang besar itu dapat dijadikan sebagai memotivasi dalam memperbanyak ibadah selama di tanah suci.

“Maksimalkan ibadah dan utamakan ukhuwah karena kita bersaudara, hindari perbuatan yang akan merusak ibadah haji kita, dan jaga kesehatan karena cuaca di tanah suci sangat panas. Banyak minum dan konsumsi buah-buahan,” pesan Kakanwil.

Mengakhiri sambutannya, kepada Ketua regu dan Ketua rombongan, Kakanwil mengingatkan agar jaga kebersamaan dan Haji yang mabrur tidak ada balasannya kecuali surga.

Untuk musim haji tahun 2019 atau 1440 hijriah, Embarkasi Padang, Sumatera Barat memberangkatkan 6908 jamaah haji yang tergabung dalam 18 kloter, terbagi atas 13 kloter asal Sumatera Barat dan 5 kloter asal Bengkulu. ditambah dengan petugas 90 orang

Acara pelepasan jamaah haji yang tergabung dalam Kloter IV (Kota Solok, Kota Padang, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan) Embarkasi Padang ini diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran dilanjutkan dengan melantunkan Thalbiyah dengan jamaah dipandu oleh panitia.

Sementara itu, dalam laporannya H. Maswar selaku panitia mengatakan bahwa Kloter IV akan Take Off dari Bandara Internasional Minangkabau menuju Madinah pada pukul 16.00 wib, sedangkan proses pengurusan paspor dimulai pada pukul 12.00 wib. Jamaah haji Kloter IV Embarkasi Padang ini nantinya akan menempati Maktab 13 rumah nomor 317 sektor 3 wilayah Sissah 1 kota Mekah.

Diakhir laporannya Maswar menyampaikan, nantinya jamaah haji Kloter IV akan bergabung dengan 1.172 JCH asal Sumbar kloter terdahulu di Madinah.

Acara pelepasan ditutup dengan penyerahan bendera merah putih kepada Ketua kloter, Samsidir dan penyerahan michrophone serta buku panduan haji yang digunakan untuk memandu jamaah haji. (hd)

Tags: , , ,