Kalaksa BPBD Kota Solok Pimpin Penyisiran Aliran Batang Lembang dan Batang Gawan

Kalaksa BPBD Kota Solok Pimpin Penyisiran Aliran Batang Lembang dan Batang Gawan

Solok, (InfoPublikSolok) – Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok, Kenfilka, SH, MH melakukan penyisiran di sepanjang aliran sungai Batang Lembang dan Batang Gawan Kota Solok, Kamis (14/2/2019).

Sungai Batang Lembang dan Batang Gawan merupakan dua aliran sungai di Kota Solok yang sering mengalami luapan air. Luapan air disebabkan oleh tingginya curah hujan dan kiriman air dari hulu sehingga mengakibatkan terjadinya banjir di daerah sekitar sungai Batang Lembang dan Batang Gawan.

Selama melakukan penyisiran di aliran sungai, Kalaksa BPBD Kota Solok didampingi oleh anggota TRC (Tim Reaksi Cepat) beserta Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Solok, Agus Susanto, SH. Tujuan dari penyisiran ini adalah untuk melihat kondisi aliran sungai Batang Lembang dan Batang Gawan serta melihat daerah di sepanjang aliran sungai yang berpotensi terdampak luapan air sungai jika terjadi curah hujan yang tinggi.

Dari hasil penyisiran ditemukan adanya tumpukan sampah di beberapa titik lokasi, kerusakan pada tebing sungai yang diakibatkan oleh pengikisan air, serta adanya tumpukan sedimen. Hal ini mengakibatkan luapan pada sungai saat tingginya curah hujan.

Untuk mengantisipasi kerentan terhadap bahaya yang akan menimpa warga di sekitar bantaran sungai, Kalaksa BPBD Kota Solok mengatakan, perlu dilakukan upaya mitigasi struktural diantaranya, terhadap tebing sungai dilakukan pekerjaan pembuatan bronjong atau lay dam. Kemudian terhadap sedimentasi dilakukan pengerukan sungai secara berkala sehingga tumpukan sedimen dapat terangkat. “Masalah sampah, diharapkan warga masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai sehingga aliran air tidak terganggu,” harap Kenfilka. (aw)

Tags: , , ,