Kaleidoskop Aktifitas SMPN 4 Selama Bulan Maret

Kaleidoskop Aktifitas SMPN 4 Selama Bulan Maret

Solok, (InfoPublikSolok) – Bulan Maret sudah berlalu, namun menyimpan begitu banyak catatan dan kenangan aktifitas bagi setiap komponen di SMPN 4 Kota Solok.

Bulan Maret merupakan bulan kedua sekolah ini dibawah kepemimpinan Kepala Sekolah Arniwati NZ, S.Pd yang didukung kekuatan 49 orang guru dan pegawai tata usaha menghasilkan banyak catatan khusus sebagai bagian dari proses mendidik anak bangsa.

Berbagai kegiatan penunjang dilaksanakan di luar dari kegiatan rutin dan utama yaitu proses pembelajaran. Kegiatan yang diangkat ada yang terwujud dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler, kerjasama dengan instansi lainnya serta juga kegiatan motivasi untuk siswa.

Pada Sabtu (9/3) pagi, sekolah mengadakan kegiatan senam bersama untuk seluruh seluruh siswa kelas tujuh sampai kelas sembilan di Lapangan Merdeka, karena kondisi lapangan sekolah yang tidak mampu menampung seluruh siswa untuk kegiatan senam.

Karena terkendala sumber arus listrik, kegiatan senam dialihkan menjadi jalan santai keliling Lapangan Merdeka, selanjutnya seluruh komponen sekolah kembali menuju ke sekolah untuk melanjutkan proses pembelajaran di dalam kelas sesuai jadwal biasanya.

Kerjasama dengan pihak pengelola pendidikan di luar sekolah juga terjalin dengan baik, pada bulan ini. Bimbingan Belajar Ganesha Operation (GO) memberikan motivasi belajar bagi siswa kelas tujuh dan delapan.

Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena pemaparan materi yang menarik dengan media audio dan visual serta semangatnya motivator membuat mereka tidak mau berpaling dari kegiatan serta termotivasi untuk lebih giat belajar

Kerjasama lainnya juga terjalin antara sekolah dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Dalam rangka memeriahkan HUT PPNI ke-45, Perawat Kota solok melakukan berbagai rangkaian kegiatan.

Tahun ini tema yang dipilih adalah Bahaya Rokok bagi Kesehatan Remaja. Sabtu (16/3), SMPN 4 Kota Solok dikunjugi langsung oleh perawat Kota Solok dari berbagai instansi yang dipimpin Ns. Murhayeni, S.Kep.

Kegiatan yang diikuti oleh siswa laki-laki kelas tujuh dan delapan ini selain dalam bentuk sosialisasi bahaya rokok juga langsung diberikan terapi oleh ibu Deni Chandra bagi siswa yang berkeinginan untuk berhenti merokok. Alhamdulillah, kegiatan ini sangat membantu sekolah dalam mewujudkan keinginan sekolah bebas dari siswa yang kecanduan merokok.

Saat yang bersamaan, pada ruangan yang berbeda berlangsung kegiatan Achievment Motivation Training (AMT) diikuti khusus untuk siswa kelas sembilan, dalam rangka persiapan psikologis siswa menghadapi rangkaian ujian akhir SMP tahun 2019.

Dengan mendatangkan motivator Ridho Al Jundi yang berasal dari Padang Panjang menciptakan suasana yang syahdu diakhir acara. Seluruh guru, siswa dan orang tua yang juga diminta hadir hanyut dalam suasana penuh tangisan penyesalan dan motivasi untuk berubah.

Besar harapan sekolah kegiatan ini menjadi salah satu momentum perubahan diri siswa menjadi pribadi yang lebih baik serta sukses di masa depannya kelak.

Selanjutnya, Pada tanggal 18-19 Maret 2019 dilaksanakan kegiatan gladi bersih atau simulasi III UNBK sebagai sarana latihan bagi siswa untuk menghadapi ujian berbasis komputer. Kegiatan ini melatih siswa mengerjakan soal hanya pada dua mata pelajaran yaitu Bahasa Inggris dan Matematika saja.

Akhir bulan maret ditutup dengan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBN-BK) tepatnya pada 21-30 Maret 2019. Kegiatan ini juga dilaksanakan secara mandiri pada tujuh sekolah menengah pertama di Kota Solok.

Hari kedua pelaksanaan ujian sedikit mengalami kendala pada sesi pertama dimana hasil ujian siswa tidak tersimpan pada server yang mengakibatkan siswa pada sesi tersebut mengulang ujian pada hari itu juga. Namun pada delapan hari lainnya ujian dapat berlangsung dengan aman dan lancar tanpa kendala yang berarti.

Berbarengan dengan pelaksanaan USBN BK yaitu pada tanggal 21-30 Maret 2019 ini juga dilaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) bagi siswa kelas tujuh dan delapan dengan mengujikan 10 mata pelajaran. PTS ini dilaksanakan dengan mengujikan satu mata pelajaran selama 60 menit setiap harinya, dimulai dari jam 07.30 sampai 08.30 kecuali Sabtu mengujikan dua mata pelajaran

SMPN 4 Kota Solok juga kejar tayang mempersiapkan diri dalam proses akreditasi sekolah yang akan diverifikasi pada bulan Oktober mendatang. Kegiatan ini dilaksanakan juga beriringan dengan USBN BK dan PTS.

Teknisnya, setelah selesai PTS, pengawas langsung berkumpul di ruang majelis guru dalam bentuk kegiatan sosialisasi hasil supervisi akademik berupa workshop penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan penilaian, penyusunan SOP kegiatan serta program ekstrakurikuler, kajian 8 standar pendidikan serta program sekolah lainnya.

Pelaksanaan Kegiatan ekstrakurikuler pada berbagai bidang tetap menjadi fokus perhatian. Kegiatan ini merujuk pada kegiatan yang diperlombakan pada tingkat nasional, meliputi, Olimpiade Sains Nasional (OSN), Festival Literasi Sekolah (FLS), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

Sementara itu, Tahfizh dan latihan menjadi Da’i juga menjadi fokus sekolah dalam membina karakter siswa dan membekali mereka dengan modal keimanan yang kuat.

Dibawah bimbingan guru agama kegiatan ini dilaksanakan melibatkan siswa kelas tujuh dan delapan, walaupun kegiatan ini belum menjadi ajang yang diperlombakan di tingkat Nasional oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kegiatan lainnya untuk menunjang proses pembentukan karakter siswa adalah dengan mengadakan wadah untuk penambahan wawasan dan penanaman nilai dasar agama Islam, Forum Ar-Rijal khusus untuk siswa dan Forum An-Nisa’ untuk siswi. Kedua kegiatan ini dilaksanakan secara terpisah pada setiap minggu dan dipergilirkan untuk setiap tingkatnya karena keterbatasan daya tampung mushalla.

Disela-sela kesibukan mengajar serta mempersiapkan semua aspek yang berkaitan dengan pembelajaran, terkadang guru, pegawai tata usaha, penjaga keamanan bahkan kepala sekolah mengisi waktu istirahat sejenak sekaligus menciptakan keakraban dengan sesamanya dengan kegiatan bernyanyi bersama dengan modal keyboard yang ada.

Semua larut dalam suasana santai di ruang majelis guru yang baru dua bulan ini ditempati walaupun pembangunannya belum selesai, lantai dan loteng yang masih kasar bukanlah penghalang bagi guru serta semua komponen di sekolah untuk tetap semangat dan bahagia menjalani tugas.

Semua yang diupayakan itu sebagai salah satu wujud pengabdian seluruh stakeholders di SMPN 4 Kota Solok dalam dunia pendidikan untuk menciptakan siswa yang cerdas dan berkarakter.

Pada akhirnya, yang sepenuhnya menjadi keyakinan kami adalah, manusia hanya berusaha dengan segenap kemampuan dan tekad yang ada, hasil yang dapat dicapai semuanya berpulang pada Allah sang pengatur segalanya. (hu)