Kapolres Solok Kota Gandeng Walikota dan Niniak Mamak Bahas Kamtibmas

Kapolres Solok Kota Gandeng Walikota dan Niniak Mamak Bahas Kamtibmas
Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka menciptakan kondisi yang aman dan kondusif menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2019-2024, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi mengundang Wali Kota Solok H.Zul Elfian, Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can, perwakilan Dandim 0309/Solok, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Solok H.Rusli Khatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok Sitta Novembra, Niniak Mamak dan Bundo Kanduang se Kota Solok, untuk duduk bersama membicarakan mengenai Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), bertempat di Aula Polres Solok Kota, Jumat (18/10).
Kapolres Solok Kota Ferry Suwandi dalam sambutannya mengatakan, tujuan kegiatan ini dibuat agar bisa saling bertukar pikiran dan informasi serta menyerap masukan dari Niniak Mamak dan Bundo Kanduang mengenai wilayah Kota Solok, serta bisa mencarikan solusi terbaik nantinya. ” Kita mengharapkan masukan dari Niniak Mamak dan Bundo Kanduang Kota Solok yang nantinya dapat memberikan rasa aman di Kota Solok. Kalau bisa kondisi keamanan kita di Kota Solok tetap dingin tanpa ada gangguan apapun,” harap Kapolres.
Wali Kota Solok H.Zul Elfian menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kapolres Solok Kota yangtelah mengundang dan melaksanakan kegiatan ini. ” Kita akan terus berusaha dan bersama dengan Kapolres untuk menciptakan keamanan di Kota Solok,” ujar H.Zul Elfian.
LKAAM dan Bundo Kanduang Kota Solok menjadi percontohan di Sumatera Barat. Kekompakan Niniak Mamak dan Bundo Kanduang Kota Solok dengan Pemko dan unsur terkait lainnya menjadi salah satu kekuatan yang ada di Kota Solok. “Kita tekadkan Kota Solok menjadi bagian keamanan nasional, bukan menjadi salah satu masalah nasional,” lanjutnya.
Terkait masalah narkoba, beliau kembali mengingatkan agar seluruh elemen di Kota Solok dapat menjaga anak kemenakan dari bahaya narkoba yang sudah sangat memgenaskan. “Jika ada yang terindikasi narkoba, ayo segera laporkan agar bisa direhabilitasi. Jangan ditunggu sampai tertangkap dulu oleh kepolisian,” sebut Wako.
Sementara itu, Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Kapolres Solok Kota yang telah melaksanakan kegiatan ini. Melihat situasi keamanan saat ini, apa yang terjadi dipusat, jangan sampai merembes ke Kota Solok. “Lembaga adat, tokoh masyarakat, niniak mamak dan seluruh apapartur dan masyarakat agar bersama menjaga keamanan di Kota Solok,” ajak Yutris Can.
Yutris Can menyebutkan, lembaga DPRD Kota Solok akan selalu menjaga sinergitas antara instansi yang ada dibawah pemerintah, yakni lembaga Eksekutif, lembaga legislatif dan lembaga yudikatif. ” Termasuk kita berjalan bersama Niniak Mamak dan Bundo Kanduang yang ada di Kota Solok,” sebut Ketua DPRD ini.
Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli Khatib Sulaiman selalu mengingatkan, selama seluruh elemen masyarakat di Kota Solok bersatu, tidak akan ada ditemui riak-riak di Kota yang kita cintai ini. Kota Solok adalah wilayah unik, nagari dalam kota, kota dalam nagari. ” Kota Solok tidak punya apa-apa, namun hanya memiliki kebersamaan. Seperti kata pepatah Minangkabau, Saciok Bak Ayam, Sadanciang Bak Basi. Jika itu terus kita pertahankan, Insya Allah Kamtibmas di Kota Solok akan selalu dalam keadaan yang stabil,” tutupnya.
Kegiatan yang berlangsung dengan suasana penuh kehangatan dan keakraban itu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Berbagai persoalan dan masukan dari Niniak Mamak dan Bundo Kanduang disampaikan secara langsung di forum tersebut. Selanjutnya dilakukan Deklarasi bersama menolak aksi anarkis, radikalisme dan terorisme dan turut menyukseskan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024. (Dn).
Tags: , , , , , , ,