Kawasan Agrowisata Sawah Solok Sarana Belajar Karakter Anak Bertemakan Alam

Kawasan Agrowisata Sawah Solok Sarana Belajar Karakter Anak Bertemakan Alam

Solok, (InfoPublikSolok) – Kawasan Agrowisata yang berlokasi di hamparan Sawah Solok mulai diminati masyarakat dan anak-anak sekolah yang terdapat di Kota Solok. Keberadaan Agrowisata Sawah Solok juga turut berdampak positif terhadap dunia pendidikan, dimana lokasi tersebut sudah dijadikan sebagian guru yang berasal dari beberapa Sekolah Dasar serta PAUD di Kota Solok untuk tempat belajar karakter anak dengan bertemakan alam.

Ketua Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) Sawah Solok, Firman Taro saat dijumpai di Agrowisata Sawah Solok, Selasa (6/2) siang, menjelaskan bahwa pengembangan Sawah Solok sebagai salah satu tempat yang bernuansa Wisata Agro memang sangat banyak dikunjungi rata-rata berasal dari kalangan pelajar.

Pengembangan Wisata Agro sengaja dibangun dengan harapan dapat membantu program Pemerintah Kota Solok dan juga sebagai salah satu cara untuk mempertahankan Sawah Solok agar tidak terjadi alih fungsi lahan, sarana yang terdapat di lokasi Agrowisata Sawah Solok yaitu adanya program Mina Padi dengan cara pembesaran ikan di sela-sela tanaman padi serta tersedianya pondok-pondok peristirahatan dan bandar irigasi sebagai tempat mandi bagi anak-anak maupun kalangan dewasa.

“Saat ini kelompok tani menawarkan wahana bagi pelajar untuk mengenal lebih dekat lagi dengan wisata alam dengan memperkenalkan bagaimana cara bercocok tanam padi di sawah. kelompok pembudidaya ikan berharap kedepannya sawah solok dapat dijadikan sebagai salah satu tempat edukasi bagi pelajar dengan lokasi yang strategis dan diharapkan ada semacam kerjasama antara pihak sekolah yang ada di Kota Solok,” ungkap Firman Taro.

 

Pada kesempatan itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Solok Wadirman, S.Pd. MM yang ikut memantau aktifitas anak-anak sekolah di kawasan Agrowisata Sawah Solok sangat menyambut baik langkah yang dilakukan oleh beberapa Sekolah Dasar dan PAUD yang ada di kota solok untuk membawa anak muridnya mengunjungi kawasan Sawah Solok.

“Tempat belajar bukan hanya di dalam ruangan saja, namun alam terbuka dapat juga dijadikan sebagai ruangan untuk belajar, Agrowisata Sawah Solok dapat dijadikan sebagai sebuah ajang untuk pendidikan karakter siswa,” imbuhnya.

Pendidikan karakter anak harus diperkuat sejak dini tujuannya agar karakter anak dapat dibentuk dengan baik. Proses pendidikan karakter itu sendiri merupakan proses pembentukan karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spritualitas dan kepribadian seseorang.

Wadirman mencontohkan pada saat siswa berjalan secara bersama-sama dengan cara meniti pematang sawah dibutuhkan keseimbangan dan kesabaran tidak saling mendahului, hal tersebut sudah membentuk sebuah karakter bagi seorang murid agar membiasakan untuk disiplin. (wy)

Tags: , , ,

%d blogger menyukai ini: